Unsultra Dapat Rekomendasi LLDIKTI Wilayah IX Pengusulan 11 Prodi Baru ke Mendikbud

Pendidikan728 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI– Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), mendapat rekomendasi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi, untuk mengusul pembukaan Program Studi (Prodi) baru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Repubulik Indonesia.

“Sejak 16 Desember 2020, kami mengajukan permohonan ke LLDIKTI,  kita siapkan borangnya dari 11 prodi Strata Sarjana (S1) yang kami usulkan itu. Karena syaratnya harus mendapatkan rekomendasi dari LLDIKTI dan akhir bulan kemarin kami selesai presentase,” Ujar Rektor Unsultra Prof Dr Ir H Andi Bahrun MSC Agric, ditemui Jurnalis di ruang kerjanya pada  Selasa (19 Januari 2021).

Alhamdulillah ke 11 prodi tersebut, sudah direkomendasikan lansung oleh kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof Dr Jasruddin MSi.

Dikatakanya, prodi yang diusulkan berdasarkan potensi sumber daya manusia dan kebutuhan masyarakat yang berminat di Unsultra.

“Kita harapkan prodi-prodi ini, dapat terealisasi tahun 2021 sehingga kita menerima mahasiswa baru,” katanya..

“Dalam kurikulum borang yang kita siapkan pun harus mencantumkan implementasi kampus merdeka, merdeka belajar,” sambung Andi Bahrun.

Ketua Perhimpunan Agronomi Pertanian (PERAGI) Sultra ini, menambahkan, adanya prodi baru ini membuka perluasan dunia kerja, dan juga menyesuaikan kebutuhan sumber daya manusia yang ada.

“Misalnya mahasiswa dapat mengambil mata kuliah jarak jauh ditempat dimana dia bekerja, dan itu terhitung berdasarkan SKS nya,” pungkas Andi Bahrun.

Berikut Prodi baru yang di Usulkan di Kemendikbud

1.  Teknik Rekayasa Pertambangan
2.  Teknik atau Rekayasa Geologi
3.  Teknik atau Rekayasa Mesin
4.   Fisika
5.   Biologi
6.   Kimia
7.   Perencanaan Wilayah dan Kota
8.   Peternakan
9.   Agribisnis
10. Teknik atau Rekayasa Lingkungan
11. Kewirausahaan

(*/La Ismeid)

Komentar