Pertama di Mubar Pemdes Lapokainse Kembangkan Sistem Informasi dan Layanan Berbasis Android

Metro Kota4984 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA BARAT – Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memacu generasi Muda sebagai anak bangsa untuk terus menunjukan karya dan kreatifitas. Apalagi kita memasuki zaman digital kemampuan pemuda tidak terbatas oleh keadaan geografis, entah berada diwilayah perkotaan atau pedesaan.

Kepala Desa Lapokainse (La Ode Mohirabu) menuturkan bahwa Efektivitas dan Evisiensi Pelayanan adalah bagian dari Visi Misi Pemerintah desa Lapokainse, yang terus dikembangkan setiap saat.

“SILAT Desa Lapokainse yang dikembangkan oleh pemerintah Desa ini untuk menjawab tantang zaman di era teknologi 4.0,” ungkapnya, Rabu (23/09/2021).

Selaku Kepala Desa, Ia Selalu Menekankan Kepada para Perangkatnya agar bekerja secara totalitas dan terus melakukan inovasi-inovasi dan kreativitas dalam menjalankan tupoksinya masing-masing.

Selain itu Ia menerangkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan oleh bawahannya dapat menciptakan ruang-ruang ekonomi.

“Melalui Sistem informasi ini Kami menampilkan Potensi Desa yang Berupa Usaha-usaha baik Makro/Mikro yang berkembang di Masyarakat desa Lapokainse. Ini bisa diakses melalui Lapak Desa yang langsung terkoneksi dengan Nomor Handphone Pelapak/Masyarakat, sehingga bisa membantu dalam peningkatan Ekonomi Masyarakat,”tutup Mohirabu.

Patut diacungi jempol adalah salah satu intelektual Muda Desa Lapokainse yang mengembangkan terobosan baru terkait dengan tata kelola administrasi desa yakni Muhamad Syahrul, Dalam menjalani tugas sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Lapokainse, Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat Ia pernah menciptakan aplikasi Sistim Administrasi Terpadu (SMART).

“Beberapa Waktu yang lalu saya menciptakan aplikasi SMART yang berbasis off-line, sehingga mudahkan kami mengelola administrasi dan Pelayanan di desa, sampai sekarang aplikasi itu masih sangat membantu kami dalam pengelolaan administrasi,” ungkapnya, Selasa (21/09/2021).

Dalam mengembangkan kemampuannya aktivis Pramuka Muna Barat ini kembali mengembangkan aplikasi berbasis Online yang diberi nama Sistem Informasi dan Layanan Digital (SILAT) Desa Lapokainse.

“SILAT merupakan aplikasi yang berbasis Android yang dapat diinstal di Hand Phone Masyarakat. Selain untuk memudahkan pelayanan masyarakat, system informasi ini juga menyajikan berbagai data kependudukan dan data desa lainnya.

Untuk Mendapatkan Aplikasi Tersebut Silahkan Kunjungi “ https://lapokainse.opendesa.id/ Pilih Menu-SILAT Lapokainse- Download-Instal,”ungkapnya.

Alumni Madrasah terpadu Lapokainse ini lebih lanjut memaparkan bahwa dalam hal Pelayanan masyarakat, sistem ini memiliki layanan mandiri untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi.

“Masyarakat akan mendapatkan PIN/Pasword masing-masing untuk mengakses layanan tersebut,” terangnya. Lebih lanjut Ia menambahkan bahwa sistem informasi ini juga dapat meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan di desa.

“Sistem ini dapat menampilkan Persentase Penggunaan DD dan ADD yang terupdate setiap saat. Sehingga masyarakat dapat memantau Perkembangan kegiatan Pelaksanaan, Pendapatan, dan Pembelanjaan di Desa setiap saat.” Tutup Syahrul.

Kontributor : Kafarun

Komentar