Tina Nur Alam Bantu Beasiswa 200 Mahasiswa Lewat Program KIP Kuliah

Pendidikan294 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARISebanyak 200 mahasiswa Sulawesi Tenggara (Sultra) yang kuliah di beberapa daerah,  baik, Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi termaksud di Universitas di Sultra, menerima bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) melalui aspirasi Anggota Komisi X DPR RI Hj Tina Nur Alam.

Bantuan beasiswa ini dibiayai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Mahasiswa yang menerima beasiswa ini merupakan mahasiswa angkatan tahun 2020. Masing-masing mahasiswa menerima beasiswa Rp4,2 juta persemester sampai selesai kuliah.

Dalam perekrutan KIP Kuliah, ia tidak membedakan asal mahasiswa, terpenting memenuhi syarat ketentuan memiliki KIS atau kartu keterangan tidak mampu dari pemerintah setempat.

Dikatakanya, untuk tahun 2020, mahasiswa penerima berasal dari Kabupaten Konawe Selatan, Bombana, Konawe, Kolaka Utara, Kolaka, Konawe Kepulauan, dan Muna.

“Alhamdulillah, dana KIP kuliah ini telah diterima oleh mahasiswa. Masing-masing mahasiswa menerima Rp4,2 juta persemester, jumlah itu merupakan jumlah yang diterima setelah dipotong dengan biaya uang kuliah tunggal (UKT),” ujar Tina lewat via telepon selulernya, Rabu (20/1/2021).

Politisi NasDem itu akan berkomitmen untuk membantu masyarakat Sultra, apalagi dalam meningkatkan sumber daya manusia, dengan memberikan mutu pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga nantinya para mahasiswa yang tidak mampu ini mampu bersaing dengan yang lain.

Ia menyadari masih banyak daerah-daerah di Sultra masuk dalam wilayah, kategori daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Untuk itu, ia berharap agar mahasiswa di daerah tersebut bisa tersentuh bantuan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Tina berharap melalui Komisinya di DPR RI bisa memperjuangkan mahasiswa yang tidak mampu agar mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan di Perguruan tinggi. (*/Dan/Med)

Komentar