Tingkatkan Layanan Kesehatan dan Kesejahteraan Lansia, YAMIKAP Dirikan LKSLU

Muna409 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Yayasan Mitra Karya Persada (YAMIKAP) semakin menunjukan kiprahnya dalam aksi-aksi sosial kemasyarakatan. Setelah beberapa tahun yang lalu berdiri Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), sekarang telah berdiri Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU).

Lembaga ini didirikan dalam rangka memfasilitasi pelayanan bagi masyarakat yang lenjut usia yang sehat secara fisik dan terpenuhi kebutuhan lahir dan bathin.

“Lembaga ini kami dirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lanjut usia. Pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan kesehatan dan kesejahteraan,” ungkap  selaku Ketua LKSLU Karya Persada Muna, La Ode Karnia, SH (29/04/2021).

LKSLU Karya Persada ini bergerak di seluruh Sulawesi Tenggara, hanya sementara waktu masih beraktivitas di Kabupaten Muna dan Muna Barat. Jumlah masyarakat lanjut usia yang telah didata untuk mendapatkan fasilitasi sudah mencapai ratusan orang.

“Lembaga kami ini bergerak di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara, hanya saja sementara waktu kami melaksanakannya di Muna dan Muna Barat. Yang masuk dalam data kami terkait masyarakat lansia yang akan sebanyak 480 orang, sekarang masi proses pendataan untuk dua kabupaten ini,” terang Karnia.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa lembaga ini juga memfasilitasi pembinaan keterampilan bagi Lansia yang masih dianggap produktif.

“Individu yang masuk kategori lansia antara umur 60 tahun keatas, dengan kategori produktif atau tidak produktif. Lansia yang masih bisa bekerja kami melakukan pembinaan bagi meraka berdasarkan bakat dan ketrampilan yang dimiliki. Sedangkan orang yang sudah tidak bekerja maka kita penuhi kebutuhan ekonominya serta kesehatannya,” tambahnya.

LKSLU Karya Persada telah menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk menyukseskan programnya. Diantaranya yakni Lokakarya Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSU) Minaula Kendari sebagai perwakilan rehabilitasi sosial untuk Indonesia.

“Kami sudah mengadakan MoU dengan LRSU Minaula Kendari dalam hal kegaiatan rahabilitasi sosial,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa saat ini LKSLU Karya Persada telah memberikan bantuan kepada penyandang desiabilitas.

“Kami telah memberikan tiga alat bantu kepada penyandang diseabilitas berupa tiga kursi roda, tepanya di Desa Bhorumembe, Napalakura dan Mantobua. Pada saat penyerahan alat bantu ini kami juga didampingi oleh pihak Dinas Sosial Kabupaten Muna,” paparnya.

Sementara waktu LKSLU Karya Persada bergerak di Wilayah Kabupaten Muna dan Muna Barat. Namun kedepan akan bergerak di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara dalam hal penanganan masyarakat lanjut usia. “ Sementara waktu kami baru menggarap wilayah Muna dan Muna barat, kedepan akan bergerak di Sultra.

Jadi kedepan tinggal membentuk perwakilan layanan pada setiap kabupaten/kota, agar mudah melaksanakan program. Untuk Kabupaten Muna saja saat ini kurang lebih tiga belas ribu masyarakat lanjut usia yang tidak tersentuh” ungkapnya.

Untuk Kabupaten Muna KSLU Karya Persada telah memiliki pendamping di masing-masing kecamatan. LKSLU sudah menerima pelayanan, tinggal melapor terkait dengan keluhan mereka.

“Hal itu agar memudahkan kami dalam memberikan pelayanan, tinggal menghubung pendamping masing-masing kecamatan. Yang jelas untuk saat ini kami telah siap memberikan pelayanan” tutupnya.

Kontributor : Kafarun

Komentar