Terjadi Protes Pergantian Perangkat Desa, Kades Labunti Tegaskan Sudah Sesuai Mekanisme

Hukrim1525 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Muna telah dilaksanakan pada Desember 2022 yang lalu. Setelah pelantikan masing-masing Kepala Desa melaksanakan program-program desa termasuk mengganti perangkat desa. Dalam realisasi program Kades yang baru, tentunya mendapatkan pro dan kontra ditengah masyarakat. Salah Satunya yang terjadi di Desa Labunti, Kec. Lasalepa, Kabupaten Muna.

Kepala Desa LabuntiĀ  Hidayat Tunggal mengatakan, pergantian Sekretaris Desa (Sekdes), telah sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Sebab Sekdes sebelumnya adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).”Sekdes lama kan seorang ASN, yakni Staf di Kantor Kecamatan. Pergantian yang kami lakukan untuk memaksimalkan kinerja, dalam pengurusan administrasi desa,” ungkapnya, Kamis (27/4/2023).

Lebih lanjut Kades yang didukung oleh mayoritas masyarakat Labunti ini menuturkan, Sekdes baru yang telah diangkat mempunyai kompetensi dan keahlian. “Pak Nasarudin merupakan orang yang potensial yang dimiliki oleh masyarakat. Kami mengangkatnya sebagai sekdes untuk memanfaatkan kompetensi dan keahlian yang ia miliki,” tuturnya.

Untuk itu ia, mengimbau, kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan provokasi segelintir orang. “Insya Allah kita membangun desa secara bersama-sama. Untuk itu kami himbau agar jangan terpengaruh dengan isu-isu negatif,” katanya.

Sekdes Labunti Nasarudin yang baru menyampaikan, bahwa dirinya menerima amanah itu semata-mata untuk mengabdi kepada masyarakat. “Saat diberi amanah oleh pemerintah desa, maka saya berpikir untuk mengabdi bukan materi. Sebab sebelumnya saya punya pekerjaan lebih menjanjikan secara materi, namun untuk kemaslahatan Insya Allah bulatkan tekad,” ucapnya.

Lebih lanjut ia juga meyakinkan kepada masyarakat, pengangkatan dirinya telah sesuai mekanisme yang berlaku. “Saya yakin kepala desa akan menjalankan kebijakan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. Untuk itu jika ada hal-hal yang kurang jelas baiknya kita diskusikan, jangan langsung demonstrasi demi marwah desa kita,” tutupnya.

Kontributor : Kafarun

Komentar