Tambah APBD Rp1,7 Triliun, Pemda Muna Bakal Pinjam di PT SMI Senilai Rp400 Miliar

Muna457 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna terus melakukan upaya untuk memajukan ekonomi daerah. Untuk itu, melakukan pinjaman dana senilai Rp400 Miliar, tanpa bunga kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI dalam menambah jumlah APBD Muna yang awalnya senilai Rp 1,3 triliun menjadi Rp1,7 triliun.

APBD tersebut, tidak termasuk utang, sebab utang daerah telah lunas sejak 2020 kemarin. Hal ini disampaikan oleh Bupati Muna L.M. Rusman usai melaksanakan rapat bersama OPD.

“Pemda akan mengupayakan pinjaman ke SMI, salah satu lembaga dibawah naungan kementrian keuangan. Besaran pinjaman senilai Rp400 miliar, sehingga APBD kita nanti akan bertamba menjadi Rp1,7 triliun,” ungkap Rusman, pada Rabu (13/1/2021).

Eks Ketua DPRD Sultra ini, menyampaikan, bahwa dana pinjaman tersebut, sebagai upaya pemulihan ekonomi akibat pandemic Covid 19. Prioritas penggunaan dana tersebut adalah dibidang pertanian yakni mendirikan pabrik jagung.

Selain itu, sambungnya, untuk biaya peningkatan ekonomi di sektor lain seperti pengembangan peternakan dan perikanan, juga perbaikan infrastruktur jalan, pasar dan rumah sakit.

“Dari pinjaman tersebut kita bisa meningkatkan potensi dari segala segmen, baik itu bidang pertanian, peternakan dan perikanan serta pariwisata. Semua itu dilaksanakan untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat Muna dalam peningkatan kesejahteraan,” paparnya.

Eks senator DPD RI ini, meminta dukungan dan doa kepada berbagai pihak utamanya kepada masyarakat Muna. “Saat ini masih proses, sementara kita menunggu. Untuk itu, kami minta doa dan dukungan, utamanya dari masyarakat muna” jelasnya.

Kontributor: Kafarun

Komentar