Tak Adanya PSU dan Riak Pilkada Muna, Kubais :Apresiasi kinerja penyelenggara

Metro Kota1049 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna hari ini melakukan rapat koordinasi terkait penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengumpulkan data dan informasi terkait dengan pelaksanan Pilkada tahun 2020 yang lalu. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih, jajaran Polres, Dandim, pengadilan dan OPD Kabupaten Muna di Galampano, Selasa (30/03/2021).

Selain itu hadir pula Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK) dan sekretariat, serta pimpinan partai politik.
Ketua KPU Kabupaten Muna menyampaikan bahwa sebelumnya pernah melakukan konsultasi kepada KPU RI terkait dengan kegiatan ini. KPU Republik Indonesia membolehkan pelaksanaan Rapat Evaluasi guna menjadi bahan perbaikan bagi Pemilu kedepan.

“Kegiatan ini merupakan hasil konsultasi kami di KPU RI. Surat KPU Muna dijawab oleh KPU RI, boleh melakukan evaluasi kepada PPK dan Kesekretariatan sepanjang itu untuk perbaikan demokarasi kedepan” ungkapnya. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Pilkada Kabupaten Muna 2020 dianggap sukses. Sebab tidak ada Pemungutan Suara Ulang (PSU) seperti Pilkada sebelumnya.

“Satu kebanggaan buat penyelenggara hari ini bahwa Pilkada Muna kali inj tidak ada PSU. Padah sudah menjadi sorotan pada rapat-rapat koordinasi KPU baik tingkat provinsi maupun nasional. Ini mendakan bahwa KPU Kabupaten Muna kali ini menyelenggarakan Pilkada dengan baik,” lanjutnya.

Soal adanya gugatan mantan aktivis UHO ini merupakan suatu hal yang wajar dan tidak bisa dihalangi. “Gugatan MK tidak bisa kita halangi sebagai hak warga negara, namun tidak sampe pada pembuktian. Ini menunjukan bahwa apa yang dilakukan oleh penyelenggara telah sesuai dengan prosedur” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengapresiasi kinerja sekretariat PPK yang telah melakukan tupoksinya dengan baik.

“Kita juga mengapresiasi kepada sekretariat PPK, sebab selama pemilihan tidak ada keributan soal dana. Ini menunjukan adanya manajemen yang baik dari pihak sekretariat PPK” tutupnya. (Afar/Meid)

Komentar