Surunuddin Beberkan IUP dan HGU Keluar Sebelum Dirinya Menjabat

Politik487 Dilihat

Potretterkini.id, KONSEL – Petahana Surunuddin Dangga, akhirnya membeberkan isu yang menuding dirinya melakukan eksploitasi atau menjual lahan masyarakat ke investor selama menjabat Bupati Konawe Selatan (Konsel) periode 2016-2021.

Perlu diketahui selama menjabat bupati dirinya tidak pernah mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Hak Guna Usaha (HGU). Justru, IUP maupun HGU rata-rata diterbitkan mulai 2013, dan 2014 silam, sebelum menjabat sebagai bupati.

“Ada yang saya mau luruskan, ada isu-isu yang disampaikan kandidat lain, bahwa saya jual lahan masyarakat ke Investor. Jadi saya tegaskan, selama jadi bupati saya tidak pernah mengeluarkan IUP ataupun HGU,” paparnya.

“Yang ada justru HGU lama, dan saya hanya menyelesaikan masalah-masalah yang ditimbulkan akibat penerbitan IUP atau HGU tersebut,” ujarnya.

Ia mengaku sebagai calon petahana yang kembali maju di Pilkada 2020 ini, dirinya mengakui kandidat lain terus menyerang apa yang menjadi kekurangannya selama menjadi bupati.

Kekurangan itu, kemudian didistribusikan dan digaungkan di tengah masyarakat luas, untuk menjatuhkan dirinya di mata masyarakat.

“Banyak isu-isu yang mereka hempaskan, mulai dari pinjaman dan honor aparat. Padahal dua isu itu akan terselesaikan akhir tahun ini. Dan tentu masih banyak isu yang kandidat lain untuk menjatuhkan dirinnya,” paparnya.

Untuk itu, ia minta kepada masyarakat Konsel, untuk cerdas dan teliti dalam mencerna apa yang disampaikan oleh kandidat lain.

“Masyarakat harus cerdas melihat, mana yang sudah berbuat, dan mana yang baru menghayal, kita teruskan pembangunan konsel kedepanya lebih baik lagi,” pungkasnya. (Meid)

Komentar