Sulkarnain Kadir, Resmikan Kolam Pemancingan Umum dan Pencanangan Ikan Lele

Metro Kota556 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, meresmikan wisata kolam pemancingan umum dan dirangkaian dengan pencanangan kampung lele serta pengukuhan POKDAKAN se Kelurahan tabuhan, di Kelurahan Tobuha Kecamatan Puuwatu, pada pada (9/02/2021).

Sulkarnain menyatakan, dalam giat ini merupakan contoh yang baik serta dapat memberi inspirasi bagi derah lain.

“Meskipun di masa pandemi Covid-19 kita masih dapat menghadirkan sebuah inspirasi yang dapat bermanfaaat bagi orang banyak,” terannya.

“Tentu ini sebuah langkah yang positif, dan pasti Kami dari pemerintah Kota akan memberi Suport serta menindaklanjuti apa yang menjadi harapan Lurah, dan perwakilan kelompok usaha perikanan tadi,” tuturnya.

Sulkarnain menyampaikan, terkait aspirasi masyarakat yang sering kali terdampak banjir, Pemerintah Kota Kendari bersama anggota DPRD akan terus memberikan perhatian.

“Disini hadir anggota DPRD kita yang mungkin bisa menuntaskan masalah ini, kami juga dari pemerintah kota Insya Allah akan terus memberikan perhatian dan akan segera memerintahkan Dinas PU untuk segera melakukan pengecekan,” terangnya.

Menutup sambutanya, wali kota menaruh harapan kepada masyarakat untuk menjaga dengan baik fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.

“Jika sudah diberi penanganan terkait banjir mohon untuk dijaga, dirawat sekaligus saya meminta untuk terus menjaga kebersihan lingkungan Kita mari bersama sama menjaga daerah kita ini kalau bukan kita yang peduli siapa lagi,” sambungnya.

Lurah Tobuha mengatakan, wisata pemancingan ini sebagai sarana pemberdayaan masyarakat atas potensi alam yang dimiliki, promosi destinasi wisata sebagai alternatif pemancingan air tawar umum, serta dapat menumbuhkan sentra ekonomi baru bagi masyarakat.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, dengan membentuk kelompok pembudidaya ikan air tawar dapat mempermudah pemerintah, BUMN, pihak swasta dalam menyalurkan setiap program-program pemberdayaan baik berupa bantuan modal usaha, pemberian benih ikan maupun alat-alat yang dibutuhkan dalam pengembangan budidaya ikan air tawar.

“Jumlah POKDATAN yang akan dikukuhkan pada hari ini sebanyak 10 kelempok, masing-masing kelompok terdiri dari 10-20 orang anggota, dalam waktu dekat ini juga kami akan membentuk kelompok usaha bersama dan koperasi yang bertujuan memanage pengelolaan budidaya, keuangan, pemasaran, dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial, keluarga dan anggota koperasi serta masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Ia menuturkan, budidaya ikan air tawar ini merupakan salah satu potensi lingkungan pada bidang perikanan yang berada di Kelurahan Tobuha, disamping sebagai penyedia konsumsi rumah tangga, juga digunakan sebagai usaha pemancingan.

“Hal ini tentunya didukung dengan semangat dan kemauan yang besar oleh warga, serta dukungan potensi sumber daya alam berupa aliran sungai yang menjadi kebutuhan utama kehidupan pengembangan perikanan di kelurahan tobuha ini,” tutupnya.

Turut hadir dalam kkegiatan ini, Anggota DPRD Kota Kendari fraksi PKS, dan Ketua Fraksi Golkar, Kadis Perikanan, Camat Puwatu, Camat Abeli, lurah sekecamatan Puuwatu, serta masyarakat setempat. (**)

Komentar