Secuil Motivasi Alumni, OLeh Kepala LLDIKTI Wilayah IX dan Rektor Unsultra, Menghadapi Era Industri 4.0

Berita, Pendidikan1074 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Kamis 7 januari 2021, menamatkan alumni 437  terdiri wisudawan/wisudawati Sarjana angkatan ke XXVI 430 mahasiswa dan 7 wisudawan Pascasarjana angkatan I.

Dalam wisuda kali ini merupakan hari bersejarah, bagi kampus bertagline SEKSI ini, dimana salah satu alumninya adalah pejabat daerah, dalam hal ini, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas, menjadi salah satu wisudawan pertama dari program magister hukum di Unsultra.

Prof Dr Jasruddin M.Si

Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof Dr Jasruddin M.Si, dalam sambutanya, tak bisa dipungkiri bahwa Unsultra melakukan terobosan cepat, dan lompatan yang lebih tinggi dalam memajukan kampusnya, tak lain ini merupakan hasil perjuangan pemimpin-pemimpin terdahulu, dan Rektor Unsultra Sekarang ini yakni Prof Dr H Andi Bahrun MSC Agric, yang telah berkerja keras, berinovasi, berkreaktif dan mampu menjalin kerjasama yang secara nasional maupun internasional.

Beberapa negara telah menandatangani kerjasama dan telah melakukan action implementasi dari kerjasama itu, salah satu buktinya Bapak Rektor berhasil melakukan kerjasama dengan berbagai elemen, yakni mendapatkan bantuan dari Dirjen Kementerian PU PR, yakni pembangunan asrama mahasiswa Unsultra, atau julukan asrama calon pemimpin masa depan kapasitas diatas 200 mahasiswa.

Atas raihan prestasi tersebut, Unsultra mendapatkan penghargaan dari lembaga layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX yaitu Perguruan Tinggi Swasta dengan kinerja terbaik I tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain itu kampus SEKSI ini juga menorehkan prestasi dari lembaga layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX yakni Perguruan Tinggi Swasta dengan sistem pembelajaran daring terbaik.

“Saya percaya Universitas Sulawesi Tenggara di bawah kepemimpinan Bapak Rektor dan Wakil Rektor dan Direktur Pascasarjana, telah memulai melaksanakan kreativitas inovasi itu sehingga pada hari ini, kita melahirkan alumni dengan daya saing dan kualitas yang tinggi,” ujar Prof Jasruddin melalui video teleconference ditengah-tengah wisudwan, di Hotel Claro kendari.

“Wisudawan kali ini, tentunya kita berbangga memiliki alumni seorang pimpinan daerah, seorang tokoh masyarakat dalam jajaran cendekiawan tokoh pendidikan, hal ini pula tak terlepas upaya dan kerjs keras bapak direktur program pascasarjana, Dr Bariun SH, MH, yang tulus atas keberhasilannya menyelesaikan mahasiswa program pasca sarjana yang diwisuda pada hari ini, para orang tua wisudawan/wisudawati.

“Saya selaku kepala lembaga layanan pendidikan tinggi kopertis wilayah IX menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus atas kerja keras segala pengorbanan baik materi maupun tenaga cucuran keringat, cucuran air mata yang telah dikorbankan dalam upaya menyelesaikan mendorong putra-putrinya atau mungkin mungkin istrinya sehingga pada kesempatan ini berhasil di wisuda baik sebagai sarjana maupun Magister.

“Insya allah segala pengorbanan bapak dan Ibu sekalian akan bernilai ibadah akan bernilai amal shaleh, bahkan amal jariyah di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala Pada kesempatan ini putra-putri kita membuktikan bahwa mereka adalah pemegang amanah yang dapat dipercaya mereka telah buktikan kepada kita semua khususnya kepada kedua orangtuanya bahwa harapan orang tuanya harapan keluarganya tidaklah disia-siakan karena pada hari ini mereka mempersembahkan baik sebagai sarjana magister,” jelasnya.

Perlu diingat lanjutnya, bahwa cucuran keringat dan mungkin juga air mata yang telah dikorbankan selama mengikuti proses perkuliahan yang sangat ketat di Sulawesi Tenggara kurang lebih 4 tahun terakhir ini, bagi program sarjana dan satu setengah atau 2 tahun bagi program magister bentar lagi tali Toga saudara yang saat ini masih tergantung di sebelah kiri akan dipindahkan ke sebelah kanan sebagai tanda berakhirnya penderitaan saudara dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik dimanapun anda kuliah.

Percayalah Anda pasti menderita, kenapa menderita? karena dipersiapkan untuk menjadi generasi yang tangguh akademisi yang tangguh mungkin akan menjadi praktisi di masa yang akan datang sebagai manifestasi dari kerja keras Anda selama Mengikuti pendidikan di bidang akademik atau di kampus Universitas Sulawesi.

Pada kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan secuil motivasi penting kepada seluruh jajaran perguruan tinggi Universitas Sulawesi Tenggara.

Tantangan Global memaksa kita semua harus mawas diri revolusi industri 4.0 memaksakan kita untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan-perubahan akan terjadi secara terus-menerus. Sebagai salah satu ciri dari era revolusi industri 4.0 yaitu sangat cepat dan bahkan unpredictable susah diprediksi

Kapan dan bagaimana perubahan itu, Namun demikian, Saya yakin dan percaya kita semua telah mempersiapkan diri bahkan mampu meramalkan dan membaca kemana arah perubahan itu. Era revolusi industri 4.0 ini kreativitas inovasi daya saing tinggi dari alumni perguruan tinggi adalah keniscayaan.

Pada kesempatan ini saya masih berharap bahwa upaya kreativitas inovasi yang telah terus kita kembangkan salah satu diantaranya adalah melakukan reorientasi kurikulum, sesuai amanah presiden melalui menterinya menerapkan kurikulum yang fleksibel, kurikulum yang mampu beradaptasi dengan perubahan perubahan.

“Saya sangat berharap bahwa Bapak Rektor bisa memprediksi kira-kira program studi apa yang harus dibuka di masa yang akan datang, pada kesempatan ini saya berharap program studi pertambangan program studi tentang lingkungan program studi agribisnis peternakan dan lain-lain yang dibutuhkan oleh daerah harus didorong untuk dibuka di Universitas Sulawesi,” terangnya.

“Saya yakin dan percaya bahwa kita akan mampu mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi serta berbiaya murah di Sulawesi Tenggara. Saya sangat berharap kepada Bapak Gubernur berapa Pak wakil gubernur kepada bapak ketua DPRD untuk memberikan dukungan Perhatian Kepada seluruh perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tenggara khususnya kepada unsultra.

“Jika kita mampu mengembangkan perguruan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di daerah maka itu berarti kita telah membantu masyarakat kita, telah berkontribusi pada upaya pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dengan biaya murah bisa dibayangkan jika anak-anak Sultra terlalu banyak meninggalkan kampung untuk mencari perguruan tinggi yang berkualitas maka dengan sendirinya orang tua akan banyak berkorban biaya pendidikan,

Katanya, di Sulawesi Selatan saja itu bisa dua sampai tiga kali lipat dari biaya pendidikan di Sulawesi Tenggara.

jika ada anak-anak kita yang ingin meninggalkan daerah untuk mencari kehidupan yang lebih baik lagi untuk mengejar mimpi-mimpi Nya maka ikhlaskan saja dengan berbekal doa Yakinlah dan percaya kemampuan keterampilan yang mereka miliki saat ini sudah sangat cukup tinggal satu hal yang mereka butuhkan dukungan doa dan restu dari pada orang tuanya yakin dan anak-anak kita ini jangankan didalam Negeri bahkan di luar negeri pun.

Tiba saatnya hari ini kita bangkit bahwa sebagai alumni perguruan tinggi dari perbandingan yang berkualitas dengan daya saing yang tinggi dengan reputasi nasional dan internasional. Seperti yang telah saya sampaikan, anda semua yakin dan percaya bisa menjadi pengusaha pengusaha muda bisa menjadi enterpreneur-entrepreneur yang bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain

Jadilah orang yang banyak manfaatnya untuk orang lain karena dia menyediakan kehidupan orang lain yakin dan percaya anda mampu, Bermimpilah untuk sukses di masa yang akan datang orang bijak berkata is an important thing for you mimpi adalah satu yang penting buat diri Anda but the most important thing for you how can you do tapi yang lebih penting lagi buat anda.

Anda harus bisa melakukan dan mengejar mimpi-mimpi itu deadline besok pagi up early in the morning and then She is your dream band, besok pagi lalu kemudian kerjakan dan kejar mimpi mimpi adalah masa depan apa yang kamu impikan hari ini sedang mendesain masa depan dimasa akan datang.

“Untuk anda semua Saya yakin dan percaya anda akan menjadi anak-anak muda generasi bangsa yang mampu berkontribusi untuk pengembangan bangsa ini di masa yang akan datang,” jelasnya.

Prof Andi Bahrun mengungkapkan, Wisuda ke XXVI 2021 kali ini sedikit berbeda dengan wisuda sebelumnya, karena selain para wisudawan menerapkan protokol kesehatan, juga Unsultra baru kali pertama mewisuda pasca sarjana untuk fakultas hukum angkatan I.

Wisuda kali ini merupakan bersejarah bagi civitas akademika Unsultra setelah sukses mewisuda angkatan pertama untuk program pasca sarjana.

“Memang hari ini bagi Unsultra, wisuda sangat bersejarah, sebab kali pertama wisuda pasca sarjana yang menjadi impian dan kerinduan civitas akademika untuk wisuda program pasca sarjana sehingga ini menjadi motivasi bagi prodi-prodi lain untuk mengusulkan prodi lain selain magister hukum.

“Suatu kebanggan sejarah dan spesial hari ini karena salah satu alumninya adalah wakil gubernur sulawesi tenggara Lukman Abunawas,” katanya.

Para wisudawan wisudawati Universitas Sulawesi Tenggara terdapat dari sejumlah fakultas dan program studi yakni fakultas Hukum 177 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 163 orang, Teknik 64 orang, Pertanian 24 orang serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis 25 orang. (*/ La Ismeid)

Komentar