Rusman Emba Anggap dr Baharuddin Banyak Torehkan Prestasi Pembangunan Muna

Muna381 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Berpulangnya ke Rahmatullah dr. Baharuddin, M.Kes menyimpan duka yang mendalam. Hal itu tidak hanya dialami oleh pihak keluarga dan kerabat, tetapi juga bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna. Sebagai penghormatan terakhir, Pemda Kabupaten Muna melaksanakan upacara pelepasan jenazah, yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Muna.

Bupati Muna L.M. Rusman Emba mengungkapkan dalam sambutannya bahwa almarhum telah menorahkan berbagai prestasi dalam pembangunan Muna. “Beliau adalah orang tua kami, sebagai sosok yang selalu memberikan ide dan gagasan yang baik.

Saat melanjutkan program pembangunan di Kabupaten Muna, kami selalu meminta pemikiran dan masukan dari beliau” ungkap Rusman, Jumat (14/05/2021).

Orang nomor satu di bumi sowite ini mengagumi dr. Baharuddin, M.Kes sebagai pendahulunya yakni Bupati Muna periode 2010 – 2015 yang sosoknya santun dan religius. Almarhum selalu mengutamakan kepentingan daerah, yang mengesampingkan kepentingan pribadi.

“Beliau adalah sosok yang santun dan religius, yang selalu memberikan keteladanan dalam berbagai hal. Selain itu beliau sosok negarawan yang telah memberikan nilai-nilai karakter yang luhur. Mengajari kita untuk dewasa dalam menyikapi berbagai masalah,” ungkapnya.

Lanjut Bupati Muna meminta kepada seluruh masyarakat Muna untuk mendoakan almarhum. “Saya meminta kepada seluruh masyarakat agar senantiasa mendoakan almarhum. Semoga semua pengabdian, dedikasi, gagasan dan pemikiran yang telah ia torehkan selama ini dapat bernilai ibadah disisi Allah SWT. Selain itu barangkali ada sikap dan perlakuan almarhum yang kurang berkenaan, marilah kita sama-sama memaafkan,” sambungnya.

dr. L.M. Baharuddin, M.Kes merupakan Bupati Muna periode 2010 – 2015, serta Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Muna periode 2010 – sekarang. Beliau menghembuskan nafasnya yang terakhir pada tanggal 13 Mei 2021 di RS Grestelina Makassar, bertepatan dengan tanggal 1 Syawal 1442 H.

Almarhum diterbangkan dari Bandara Hasanuddin Makassar menuju Bandara Halu Oleo Kendari, tiba di Bandara Halu Oleo Kendari pada pukul 11.00 WITA. Jenazahnya sampai di Raha pada tanggal 14 Mei 2021 tepatnya pada pukul 14.00 wita.

Bupati Muna melalui Kepala Bagian (Kabag) Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Muna Ali Syadikin memerintahkan kepada para para Staf ahli, asisten ahli dan OPD untuk mendampingi Bupati Muna menjemput jenazah almarhum. Pada pukul 11.42 WITA ia menyampaikan bahwa jenazah sudah sampe di pelabuhan amolengo.

Setelah upacara pelepasan jenazah, almarhum dishalatkan di Masjid Agung Al Kautsar Raha. Setelah itu dikebumikan di Kompleks Pekiburan Keluarga di Laende. Dalam prosesi pemakaman, dihadiri oleh saudara, keluarga dan karib kerabat serta OPD dari Pemda Kabupaten Muna. Selain itu juga dihadiri oleh ribuan masyarakat Muna dan Muna Barat. (Afar/Meid)

Komentar