Ridwan Bae Perkokoh Persatuan dan Kesatuan, Gelorakan Empat Pilar ke Generasi Muda

Metro Kota522 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI– Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ir Ridwan Bae, mengadakan sosialisasi empat pilar kebangsaan, yakni nilai-nilaiPancasila, Undang Undang Dasar (UUD)1945, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)dalam berbangsa dan bernegara di Wilayah Dapilnya Sultra Kendari, Jumat (21/5/2021).

Ridwan menyatakan, implementasi empat pilar harus terus digelorakan terhadap semua kalangan, mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

Ia berharap banyak soal kemajuan bangsa kepada generasi muda. Sebab, generasi muda saat ini terutama mahasiswa sangat merespon dan mengapresiasi upaya-upaya pemahaman Sosialisasi Empat Pilar kebangsaan.

Politis Golkar ini, menyakini efeknya empat pilar kebangsaan ketika nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menjadi cara strategis dalam menyelesaikan dinamika terhadap kegandrungan ditengah masyarakat.

Dikatakanya pula, setiap masyarakat harus menjunjung tinggi toleransi. Dimana semangat empat pilar kebangsaan, mengajarkan agar lebih toleran, mau berbagi, gotong-royong dan yang terpenting menghargai perbedaan.

Lanjutnya, ia mengajak, masyarakat agar tak sekadar memahaminya semata nilai-nilai kebangsaan, melainkan mengimplementai dalam berinteraksi di lingkungan tempat tinggal serta masyarakat luas. Kita harus menanamkan karakter yang teguh, berintegritas dan berkepribadian yang luhur.

Senada disampaikan Dosen Universitas Halu Oleo (UHO), Dr Bahtiar dalam pemaparan materinya, ia tekankan pentingnya generasi muda memahami nilai-nilai luhur bangsa, karena modal dasar munculnya generasi muda yang berkualitas, berkarakter dengan rasa nasionalisme tinggi.

Menurutnya, generasi muda yang berkarakterakan kuat dan pekerja keras mampu menjadi penyelamat negara ini,” imbuhnya.

Sambung mantan Dekan Sospol Fakultas UHO ini menegaskan, para generasi muda menjadi ujung tombak pembangunan bangsa.

“Generasi muda jangan muda terpengaruh dengan isu-isu terdintegrasi yang merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Mari kita bersama tunjukan kualitas dan kemampuan, karena bangsa kita tidak kalah dengan bangsa lain,” katanya.

Sosialisasi yang berlangsung diikuti masyarakat yang berasal dari berbagai elemen, mulai dari tokoh masyarakat menyatakan, implementasi empat pilar harus terus digelorakan terhadap semua kalangan, mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda. (*/La Ismeid)

Komentar