Rektor Unsultra Teken MoU dengan Tiran Group, Prioritas Serap Tenaga Kerja Lokal

Pendidikan1014 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI– Perguruan Tinggi Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) resmi menandatangani kerja sama atau momerandum Of Understanding (MoU) bersama dengan PT Tiran Group di Aula WTC Unsultra, Selasa (12/10/2021).

Perjanjian kerjasama tersebut, ditandatangani lansung Dirut PT Tiran Group, Sattar Taba, SE M.IP dan Rektor Unsultra, Prof, Dr. Ir.H Andi Bahrun M.Sc Agric.

Dirut PT Tiran Group, Sattar Taba mengatakan adanya kerjasama ini sebagai komitment perusahaan yang bergerak dibidang industri untuk menyerap tenaga kerja lokal di Sultra.

Tak hanya itu bagi mahasiswa yang magang , insyaallah PT Tiran terbuka lebar, selain itu dapat memberi peluang bagi mereka setelah magang lansung bekerja diperusahaan tersebut.

“Hadirnya PT Tiran Group akan prioritaskan menyerap tenaga kerja lokal dan alumni kampus yang ada di Sultra. Sekitar 80 sampai 90 persen kita serap tenaga lokal,”sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun, menyatakan, dalam mewujudkan implementasi kampus merdeka dan merdeka belajar, semua perguruan tinggi terutama kampus Unsultra membutuhkan mitra, berkolaborasi dengan institusi pemerintah, swasta, dan dunia perusahaan industri terutama PT Tiran Group yang sudah menjalin kerjasama.

“Dengan demikian alumni kita siap beradaptasi dengan berbagai dinamika nasional global maupun daerah dan mereka harus sudah siap kerja,” terangnya.

Salah satu strategis dilakukan perguruan tinggi adalah sejak dari semester 1 dan 3, mahasiswa mengambil mata kuliah luar jadi betul-betul dengan adanya program magang program praktek perusahaan yang sudah kita MoU dengan PT Tiran Group bisa terealisasi.

Adanya peluang kerjasama yang terbangun maka alumni Unsultra tidak ada istilah menganggur dan mereka sudah siap kerja.

Kan PT Tiran sudah sampaikan akan menyerap prioritas utama tenaga kerja yang di Sultra, dan kami perguruan tinggi menjadi tantangan untuk mempersiapkan lulusan yang dibutuhkan perusahaan salah satunya adalah sumber daya manusia yang memadai handal dan profesional

“Alhamdulilah tahun ini, kita sudah menerima mahasiswa baru teknik pertambangan dan bahkan akan diusulkan kedepan prodi baru teknik lingkungan dan teknik mesin,” pungkas Andi Bahrun. (Med)

Komentar