Rektor UHO Bekali Mahasiswanya Persiapan Masuki Dunia Kerja

Pendidikan403 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) terus berupaya melakukan terobosan demi membekali mahasiswanya dalam memasuki dunia kerja. Melalui UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) UHO menghadirkan sejumlah pihak dalam seminar nasional bertema “Peluang Memasuki Dunia Kerja di Era Globalisasi” yang digelar secara daring dan luring pada Kamis (30/9/2021).

Ketua Pokja Pusat Karir UPT PK2M UHO, Yusna Indarsih mengatakan, UHO senantiasa berkomitmen dan bertanggung jawab dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Penyiapan tersebut melalui program pendidikan dan proses pembelajaran yang tak hanya bersifat konseptual dan teoritis tetapi juga secara praktik dan aplikatif.

Ia bilang, perlu upaya lebih bagi kampus dalam membentuk lulusan siap kerja yang memiliki keahlian dan sikap.

“Salah satu cara UHO memberikan pembekalan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja dengan memberikan pengetahuan tentang kehidupan di dunia profesional,” kata Yusna dalam rangkaian acara pembukaan seminar yang dipusatkan di Hotel Claro Kendari.

Kata Yusna, UHO melalui UPT PK2M menggelar seminar ini untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa memasuki dunia kerja global.

Sementara itu, Rektor UHO Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, UHO sebagai salah satu institusi pendidikan memiliki komitmen tinggi dalam menyiapkan mahasiswanya dalam memasuki dunia kerja.

“Kita tahu sendiri penerimaan PNS sangat terbatas. Apalagi sempat tidak ada penerimaan.
makanya sekarang di perguruan tinggi kita usahakan mahasiswa fokusnya nanti setelah lulus tidak hanya menjadi PNS,” ujar Zamrun.

Menurutnya, banyak alternatif lain yang dapat dipilih oleh mahasiswa saat berada di dunia kerja. Tapi syaratnya mahasiswa harus menyiapkan diri.

“Makanya kita di UHO mencoba berusaha bekerja sama dengan berbagai pihak yang dapat diakses mahasiswa kita untuk memasuki dunia bekerja,” katanya. (*/Dan)

Komentar