Pukulan Telak, Survei THI Beberkan Keunggulan Paslon TERBAIK

Berita Utama, Muna586 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Jelang satu minggu lebih pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muna seolah membuat penasaran publik terkait siapa yang elektabilitasnya lebih tinggi diantara dua pasangan calon antara petahana dan penantang.

Beberapa waktu yang lalu keluar hasil survey yang mengunggulkan pasangan calon sebelah. Namun diketahui belakangan bahwa lembaga tersebut belum terdaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna.

Lembaga survei resmi yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum Muna, The Haluoleo Institut (THI) merilis survei keunggulan Pasangan Calon (Paslon) Bupati Muna, LM Rusman Emba-Bahrun di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muna.

Paslon dengan akronim TERBAIK itu secara telak mengungguli sang penantang dengan kokoh mengoleksi 62,7 persen.

Direktur Eksekutif The Haluoleo Institute, Naslim Sarlito Alimin, mengatakan elektabikitas Petahana ditiga Kabupaten yakni Muna, Wakatobi dan Konawe Selatan (Konsel) masih unggul.

“Calon Kepala Daerah incumbent masih menduduki peringkat tertinggi nilai elektabilitasnya. Paslon Rusman Emba-Bahrun memperoleh 62,7 persen,” terang Naslim, Selasa (1/12/2020). Selain Muna, survei keunggulan elektabilitas sang petahana juga dikantongi oleh Wakatobi dan Konsel.

“Kalau di Wakatobi Paslon Arhawi-Hardin Laomo mengumpulkan 51,9 persen dan yang terakhir Kabupaten Konsel Surunuddin Dangga-Rasyid juga mengantongi 61,1 persen,” jelasnya.

Kata Naslim, sampel survei dilakukan terhadap 440 responden, dengan pengumpulan data menggunakan metode sampling dan wawancara tatap muka. Survei tersebut mengantongi Margin of Error atau tingkat kesalahan dalam survei sekitar 4,8 persen. Selain itu, survei yang dilakukan selaras dengan hasil survei dan perolehan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 lalu.

Namun begitu, dirinya menambahkan hasil survei tersebut, kemungkinan masih bisa berubah, karena pencoblosan masih delapan hari lagi. (Afar/Meid)

Komentar