PKPM Loloskan Lima Judul Penelitian Dosen di Menristek Dikti

Muna508 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Kampus Politeknik Karya Persada Muna ((PKPM) berhasil meloloskan lima judul penelitian yang di danai oleh Dirjen Dikti bagi dosen pemula bukanlah suatu hal yang mudah, bagi kampus yang belum lama beroperasi. Hal ini menjadi bukti di tengah-tengah publik bahwa PKPM serius dalam memajukan dunia pendidikan di Muna.

“Kemarin pada tanggal 18 Februari 2021 Kementrian Riset dan Teknologi melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional mengumumkan pendanaan penelitian perguruan tinggi Tahun Anggaran 2021. Alhamdulillah kami dari PKPM Muna mendapat peringkat ke 6 untuk mendapatkan pendanaan, dari perguruan tinggi swasta se Sulawesi Tenggara,” kata

Kepala Bidang Litbang PKPM Muna, Elna Sari (26/02/2020).

Lanjut kepala Litbang PKPM Muna ini mengungkap rasa syukur atas keberhasilan tersebut. “ Saya bersyukur dan memberikan apresiasi atas lolosnya penelitian tersebut. Ini berkat kerjasama dan kekompakkan kita selama ini, baik unsur pimpinan, dosen maupun mahasiswa di PKPM,” Ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa kedepan akan mendorong program kreativitas mahasiswa (PKM) bidang penelitian. Hal ini dilakukan untuk memacu kreativitas masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Kedepan kami akan mendorong pelaksanaan PKPM, untuk memacu kreatifitas mahasiswa dalam meningkatkan mutu PKPM” lanjutnya Elna.

Judul penelitian yang lolos didanai Kemenristek adalah sebagai berikut:
1. Pengaruh Stimulasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar pada anak usia 1-3 tahun di Desa Ronda, Kec. Towea Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.
2. Peningkatan Literasi Kesehatan dan Pengetahuan Tentang Light System pada Mahasiswa PKPM.
3. Analisis Kualitas Tahu Melalui Penerapan Good Manufacturing Practics (GMP) Industri Rumah Tangga UD. Sari Desa Wakobalu Agung, Kecamatan Kabangka, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.
4. Penyuluhan dampak limbah masker bebas pakai medis dan non medis terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.
5. Pengaruh Konsumsi Jus Sari Buah Okra (Abelmoschus Eschulentus) Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah pada penderita diabetes melitus (DM) Puskesmas Katobu Kabupaten Muna.

Direktur PKPM Hartati mengatakan  mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh para dosen. Dengan lolosnya 5 judul penelitian  di Kemenristek, menunjukan kualitas kampus semakin meningkat.

“Hal seperti  ini kita tetap pertahankan, sehingga kedepan kita akan mendapatkan kepercayaan publik khususnya di Kabupaten Muna,” jelasnya.

Kontributor : Kafarun

Komentar