PKKMB STIKES RSU Daya Tekankan Pendidikan Karakter dengan Nilai Pancasila dan Kebhineakaan

Berita739 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA– Tahun ajaran baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) RSU Daya melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) D3 Kebidanan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus STIKES RSU Daya tepatnya di Jalan Gambas, Kelurahan Sidodadi Kecamatan Batalaiworu Kabupaten Muna.

Dalam perencanaan kegiatan PKKMB akan dilaksanakan selama enam hari, yang berlangsung sejak hari Selasa 24- 29 Agustus 2021. Wakil Ketua III RSU Daya Raha, La Ode Abdul Sila, menyampaikan bahwa PKKMB merupakan pemantapan dalam hal pembinaan karakter bagi mahasiswa baru.

“Melalui PKKMB maka akan memantapkan kembali pemahaman mahasiswa tentang akademik dan organisasi, serta pemantapan dalam penanaman nilai-nilai karakter” ungkapnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (25/8/2021).

Alumni Magister Ilmu Kesehatan Universitas Hasanudin Makasar ini menerangkan, pendidikan karakter di STIKES RSU Daya telah berlangsung sejak tiga bulan sebelumnya, melalui program duta kampus. Adanya program ini membentuk mental mahasiswa untuk berinteraksi dengan masyarakat luas.

“Melalui pendidikan karakter yang kita bangun selama ini, membuat mahasiswa mampu melakukan sosialisasi mengenai masalah kesehatan, sehingga saat pelaksanaan PKKMB tinggal memantapkan pemahaman dan mental mahasiswa baru” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, terkait dengan pendidikan karakter, STIKES RSU Daya mengutamakan penanaman nilai-nilai Pancasila dan Kebhinekaan kepada mahasiswa.

“Dalam suasana keberagaman kita harus menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Kebhinekaan. Dengan mahasiswa akan tumbuh sikap toleran dan saling menghargai satu sama lain” lanjutnya.

Dalam pelaksanaan PKKMB STKES RSU Daya mengutamakan penyelenggaraan Protokol Kesehatan (Prokes) sebagaimana ketetapan pemerintah. Sebab saat ini negara kita bahkan dunia masih dalam suasana Pandemi Covid 19.

“Sejak awal dalam penyelenggaraan, baik pendidikan karakter maupun PKKMB selalu mematuhi Prokes masa Pandemi Covid 19” tutup Sila. Sementara itu ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKES RSU Daya mengaku senang dan nyaman kuliah di kampus tersebut.

“Secara pribadi dan kelembagaan merasa senang dan nyaman kuliah di kampus ini. Hal ini karena ditunjang dengan fasilitas gedung dan peralatan yang memadai. Untuk itu saya mengajak kepada segenap masyarakat Muna dan sekitarnya untuk kuliah di STIKES RSU Daya” Ajaknya.

Untuk diketahui bahwa saat ini STIKES RSU Daya menyelenggarakan tiga program studi yakni S1 Keperawatan, S1 Kebidanan dan Profesi Ners. Ketiga program studi tersebut dengan akreditasi baik dari kementrian Pendidikan Tinggi. Saat ini mahasiswa STIKES RSU Daya berjumlah 120 orang, dengan mahasiswa reguler sebanyak 50 orang.

Kontributor : Kafarun

Komentar