Pimpin Upacara Hari Bakti TNI AU Ke 73, Danlanud HLO: Prajurit Harus Rela Berkorban Untuk Rakyat

Metro Kota1983 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- Upacara Peringatan Hari Bakti TNI AU ke 73 resmi diselenggarakan secara sederhana oleh personel Lanud Haluoleo baik militer maupun pegawai negeri sipil (PNS) di lapangan apel Mako Lanud Haluoleo, Rabu (29 /7/2020). Hadir dalam acara tersebut yakni Pejabat List A dan Ketua PIA Ardhya Garini Ny. Fitriah Muzafar.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Muzafar, S.Sos.,M.M dan diikuti oleh seluruh Personel Militer maupun PNS Lanud Haluoleo.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan sejarah singkat perihal kisah heroik penyerangan Pertama angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) yang sekarang telah menjadi TNI AU hingga moment berkabungnya TNI AU akibat tertembaknya pesawat Dacota VT-CLA dan jatuh di Desa Ngoto D.I.Y Jogyakarta.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E.,M.P.P. yang dibacakan oleh Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Muzafar, S.Sos,.M.M. mengatakan dimasa saat ini bentuk nyata bakti TNI AU yakni dengan kerelaan untuk berkorban dan menjadi contoh serta ikut mempelopori usaha untuk meringankan beban kesulitan rakyat sekeliling.

Disamping itu TNI AU juga berupaya mendharma baktikan diri untuk membantu pemerintah dalam masa Pandemi Covid-19 ini dengan menyiapkan rumah sakit beserta tenaga kesehatan dan berperan langsung dalam penyaluran Logistik berupa Alkes dan APD ke penjuru nusantara.

Lebih lanjut Danlanud Melalui peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara, dengan tema, “Nilai-nilai Kepahlawanan 29 Juli 1947”, TNI Angkatan Udara berbeda akibat adanya pandemi covid 19.

Sambungnnya, meskipun hidup di era yang berbeda, namun prajurit TNI Angkatan Udara dimasa kini, harus mampu berjuang dan mengabdi dengan semangat yang sama, sehingga peringatan bersejarah ini dapat menjadi pendorong serta penyemangat para prajurit dan para generasi muda dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

Dibalik musibah yang di landa dunia ini  lanjutnya, pasti ada hikmah, karena dari Covid-19 TNI AU belajar untuk saling berempati dan ikut merasakan kesulitan masyarakat di sekitar nya. Pandemic Covid-19 mengajarkan rakyat Indonesia untuk bersatu dan saling bahu membahu sebagai satu bangsa, karena itu seluruh personel TNI AU harus berjuang dan bangkit bersama dengan saling mendukung serta saling meringankan beban saudara sebangsa dan setanah air.

Orang wahid di Kesatuan TNI AU HLO ini menambahkan, bahwa perjuangan belum usai, karena bahaya wabah virus Covid-19 masih berada disekitar kita. Untuk itu, teruslah bersabar, dan teruslah bersemangat, serta teruslah berjuang dengan tulus dan ikhlas dalam mengatasi pandemic Covid 19, demi bangsa Indonesia.

Dalam peringatan hari bakti TNI AU ke – 73 Lanud Halu Oleo sebelumnya melakukan rangkaian kegiatan bakti Sosial dibeberapa tempat, terus anjang sana di Panti asuhan, donor darah dan kunjungan ke Makam Pahlawan Watubangga.

Upacara pada peringatan kali ini dilaksanakan secara sederhana dan mematuhi protokol Kesehatan seluruh peserta upacara diwajibkan tetap jaga jarak dan memakai masker.

Reporter : La Ismeid

Komentar