Pilkada Kondusif, Rusman : Bukti Muna Sudah Dewasa Politik

Muna503 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA-Bupati Muna L.M. Rusman Emba memberikan apresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna atas suskesnya penyelenggaraan Pilkada 2020. Pasalnya dalam penyelenggaraan Pilkada Muna tahun 2020 yang lalu berjalan dengan kondusif dan lancar. Selain itu di tengah pandemi Covid 19 penyelenggara tetap melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) sebagaimana anjuran pemerintah di masa pandemi.

“Kami memberikan apresiasi besar atas kinerja teman-teman penyelenggara dalam hal ini KPU beserta jajaran dibawahnya. Berkat teman-teman semua pelaksanaan Pilkada yang lalu, Muna tetap kondusif dan terkendali. Terlebih lagi bahwa tetap melaksanakan Prokes Masa Pandemi Covid 19,” ungkap Rusman saat memberi sambutan pada Rakor Evaluasi KPU Muna, Selasa (30/03/2021).

Anggota DPRD Provinsi dua periode ini menyampaikan bahwa kualitas KPU Muna saat ini telah teruji, sebab Pilkada Muna kali ini tidak terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU). Hal demikian dapat menghilangkan kekhawatiran publik atas kegaduhan politik dan gesekan antara lapisan masyarakat, sehingga mengganggu kondisifitas Muna.

Selain itu, dengan tidak adanya PSU, maka kualitas penyelenggara diakui oleh publik. “Kekhawatiran kami adalah jangan sampai terjadi PSU, maka otomatis akan terjadi kegaduhan dan gesekan sehingga merusak kondisifitas Muna.

Namun kali ini tidak ada PSU, ini menunjukan bahwa kualitas penyelenggara telah diakui oleh publik” ungkapnya.

Terkaitdengan proses demokrasi dirinya menganggap bahwa penyelenggara telah menunjukan kedewasaan dan idealisme. “Proses demokrasi di Muna telah menunjukan kedewasaan dan kematangan. Sebab meskipun banyak ancaman dan tekanan, penyelenggara tidak terpengaruh. Ini menunjukan idealisme penyelenggara,” sambungnya.

Mantan Senator DPD RI ini lebih lanjut menyampaikan kepercayaan publik terhadap Muna, sehingga menjadi zona nyaman untuk investor. Dengan demikian dalam hal membangun perekonomian Muna kedepan tidak hanya mengandalkan APBD.

“Publik sudah mulai percaya kepada Muna sebagai wilayah yang kondusif. Sehingga banyak investor yang berdatangan, olehnya itu kita tidak hanya mengandalkan APBD” ungkapnya. Untuk itu dirinya berharap agar sekat-sekat yang terjadi pada Pilkada kemarin dihilangkan, dalam rangka mempercepat proses pembangunan.

“Sekat-sekat Pilkada kemarin tolong dihilangkan. Mari kita menyongsong perubahan, perbaikan-perbaikan dalam membangun Muna. Kalau kita sudah bersatu maka apa yang menjadi harapan kita bisa terwujud” ajaknya. (Afar/Meid)

Komentar