Peringati Harhubnas 2020, KSOP Kendari Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Watubangga

Berita, Metro Kota717 Dilihat

Potretterkini.id, KONSEL– Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II A Kendari, Rushan Muhammad, ST, MSi, memimpin lansung upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubanga Kabupaten Konawe Selatan Minggu (16/9/202/). Kegiatan yang rutin dilakukan tahunan ini adalah dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020.

Kegiatan diawali dengan penghormatan umum kepada para pahlawan bangsa dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga. Usai memimpin upacara, jajaran KSOP Navigasi, dan sektor perhubungan baik darat, laut dan udara, serta ibu-ibu darma wanita melakukan tabur bunga ke makam para pahlawan.

“Ziarah ini menjadi bagian dari peringatan Hari Perhubungan Nasional untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah mendahului kita, khususnya pahlawan-pahlawan yang telah berjasa di bidang transportasi, baik darat laut dan udara,” jelasnya.

Kata Rushan, hadirnya ditaman makan pahlawan sedikit mengerahkan ikatan emosional kepada mereka, bahwa mereka ini sebelumnya telah berjuang untuk negeri menumpas kaum penjajah sampai titik darah penghabisan, mulai dari awal sampai merdeka dan sekarang tugas para generasi mengisinya.

Rushan bilang, para pendahulu bangsa dan negeri telah menyatakan bahwa berjuang pada perjuangan itu masih lebih muda karena yang di lawan bukan bangsa kita sendiri. Namun perjuangan untuk mengisi kemerdekaan itulah perjuangan yang paling susah karena kadangkala masyarakat atau warga yang berada di NKRI masih susah diatur.

“Hal ini berkaitan dengan pengambil kebijakan kadang-kadang masih dipilih-pilih. Kita berharap dengan mengingat pahlawan untuk kemerdekaan mari kita sama-sama sadar bahwa mengisi kemerdekaan itu adalah tugas dan tanggug jawab kita bersama,” katanya.

Lanjut Rushan, berkaitan dengan perhubungan keselamatan dijalan di udara, dilaut dan darat adalah itu tugas semua warga NKRI untuk menjagahnya.

Eks UPP Kelas I Tobelo Maluku Utara ini menambahkan, memasuki bulan ke 5 ini diperhadapkan dengan suasana bencana non alam pandemik covid 19. “Untuk itu kami berharap dari kementerian perhubungan terkhusus KSOP Kendari, tetap dapat mengendalikan dan dilakukan pencegahan diwilayah teritorialnya..

“Dimana pun kita berada, kita berpergian menggunakan modal transportasi baik itu udara laut kita tetap menerapkan prokes, sosial distancing, phisical distancing dan menggunakan masker serta membiasakan cuci tangan.

Mari bersama- sama mendukung program yang telah ditetapkan baik yang secara nasional maupun yang sudah ditetapkan oleh dunia kesehatan WHO bahwa pandemik covid harus diberantas atau ditanggulangi secara bersama-sama tidak boleh acuh tak acuh dengan wabah yang mematikan ini.

Peserta ziarah berasal dari sub sektor perhubungan baik darat, laut dan udara, navigasi, KSOP dan ibu-ibu darmawati dan pelaksanaan ziarah makam pahlawan sangat dilakukan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19. (Meid).

Komentar