Peringati 1 Muharam 1443 H, Pemda Muna Imbau Para Kades Laksanakan Dzikir Asyifa di Masjid

Muna1740 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA – Tanggal 1 Muharam 1443 H bertepatan dengan tanggal 10 Agustus 2021 merupakan peristiwa bagi umat Islam. Selain sebagai penanda awal tahun hijriyah, juga merupakan momentum yang paling bersejarah bagi kaum muslimin seluruh dunia.

Memperingati hari tersebut Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna memerintahkan kepada seluruh Camat, Kepala Desa, Pengurus Masjid dan Majelis Ta’lim lingkup Kabupaten Muna untuk melaksanakan zikir Asyifa.

Abdul Azis Theo selaku Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemda Kabupaten Muna menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di Mesjid dan Mushalah masing-masing.

“Sebagaimana surat edaran Bupati Muna, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 09 Agustus 2021 pukul 15.00 WITA. Sebelumnya selalu dilaksanakan secara bersama-sama, namun karena saat ini masa Pandemi Covid 19 maka dilaksanakan di wilayah masing-masing” ungkapnya, Sabtu (07/08/2021).

Mantan Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ashor lebih lanjut menerangkan, kegiatan ini merupakan acara tahunan dalam memperingati tahun baru Islam. Hal ini dilakukan dalam rangka muhasabah diri agar kedepan lebih baik lagi.

“Melalui acara ini kita jadikan sebagai momentum untuk evaluasi diri kita, sudah sejauh mana menjalankan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Sehingga bisa pada tahun berikutnya kita dapat meningkatkan lagi nilai-nilai ketakwaan” terangnya. Dzikir asyifa menurutnya dapat meningkatkan ketahanan bagi yang melaksanakannya.

“Dzikir Asyifa ini dapat meningkatkan imun tubu secara batin atau psikologi. Sehingga kita memiliki ketahanan tubuh dalam menghadapi Pandemi Covid 19” jelasnya.
Selain itu alumni S3 Universitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah ini menyatakan, dengan dzikir ini menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

“Dzikir Asyifa merupakan sarana bagi kita untuk memohon kepada Allah terkait dengan urusan kita. Baik itu memohon kelapangan rizki, kesehatan tubuh, dijauhkan dari bencana atau mengangkat bencana yang ada serta memohon agar urusan kita dimudahkan oleh-Nya,” jelasnya.

Selanjutnya ia menghimbau kepada semua mesjid agar dalam melaksanakan dzikir tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Sebab sementara ini Kabupaten Muna masih dalam suasana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid 19.

“Diharapkan kepada seluruh mesjid agar dalam pelaksanaan kegiatan ini mematuhi prokes, sebab kita masih dalam suasana perpanjangan PPKM,” tutupnya.

Kontributor : Kafarun

Komentar