Penyediaan Air Bersih SR di Kecamatan Kontunaga, Pemda Muna Alokasikan Rp2 Miliar 

Muna327 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna terus meningkatkan upaya penyediaan air bersih kepada masyarakat. Melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Sambungan Rumah Tangga (SR) pipa PDAM yang mengalir ke rumah-rumah warga selama ini hanya bersumber dari Dana Desa (DD).

Kini telah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 dengan program yang sama sebesar Rp2 Milyar.

Direktur PDAM Kabupaten Muna Nurhayat Fariki menyampaikan bahwa alokasi anggaran tersebut bersumber dari dana pinjaman yang sementara diupayakan oleh Pemda Kabupaten Muna melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.

“Alokasi anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) belum ada. Tetapi dialokasikan melalui dana pinjaman sebesar 2 M untuk SR dari SPAM Kontunaga,” Ungkapnya, Senin (24/5/2021).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa setiap SR dengan rincian 2,5 juta sampai 3 juta. Untuk itu diperkirakan dengan anggaran 2 M akan melayani 800 SR untuk wilayah Kecamatan Kontunaga.

“Dari anggaran tersebut bisa mencapai sekitar 800 SR,” ujarnya. Sebelumnya sosok yang akrab disapa bang Yayat ini menegaskan, bahwa pihaknya akan bekeejasama dengan pemerintah desa melalui Bumdes untuk menalangi pemasangan SR.

Dari lima desa, masing-masing desa akan menalangi 100 SR, yakni Desa Kontunaga, Mabhodo, Mabholu, Kondongia dan Waara. (Afar/Meid)

Komentar