Pengamat Politik: Telaah Rekam Jejak ASLI Potensi Menangi Pilwali 2024

Berita Utama1871 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- Rekam jejak publik figur dalam sebuah demokrasi menjadi indikator besar untuk memenangi pertarungan politik, Selain dukungan kekuatan massa, finansial, kapabilitas dan strategi yang lebih matang dalam peranan figur dan relawan tim.

Seperti publik figur Abdul Razak dan Andi Sulolipu bersepakat dan bersikap mulai dari awal akan berpasangan untuk maju sebagai Calon Walikota dansi Wakil Walikota Kendari, pada Pemilihan Walikota (Pilwali) 2024.

“Hal Ini sudah diperhitungkan lebih matang, disamping rekam jejak kedua calon ini tidak diragukan, sebab mereka ini sudah mulai intens bersosialisasi kemasyarakat. Jadi ada potensi besar untuk memenangi Pilkada,” ujar Pengamat politik dari Universitas Haluoleo, Najib Husain, pada awak media Sabtu (3/7/2021).

Kata Najib, ada empat alasan mengapa keduanya memiliki peluang besar melanjutkan kepemimpinan Sulkarnain-Siska Karina Imran.

Pertama, adalah basis suara keduanya berbeda. Kekuatan Abdul Razak ada di dapil Abeli namun kelemahannya di dapil Kendari Barat.

di Kendari Barat adalah wilayah kekuatan Andi Silolipu.

Alasan kedua adalah, Abdul-Razak dan Andi Sulolipu sampai saat ini telah mendapatkan dukungan dari dua Partai yakni Partai Nasdem dan Partai Gerindra yang sama-sama memiliki jaringan cukup kuat sehingga kekuatan mesin partai tidak perlu diragukan.

“Yang ketiga, konfigurasi dua etnis besar di Kota Kendari yaitu Tolaki dan Bugis akan menjadi suara dasar untuk memperkuat basis,” tambahnya.

Alasan terakhir katanya kedua pasangan ini akan saling melengkapi satu sama lainnya. Kekurangan Abdul Razak akan ditutupi oleh kelebihan Andi, sedangkan kekurangan Andi akan ditutupi kelebihan Abdul Razak.

Keempat alasan ini bisa membuat pasangan yang berakronim Asli ini cukup kuat untuk terus menambah elektabilitas sebelum hari Pilwali Kendari 2024 nantinya.

“Tapi catatan yang penting karna pasangan sangat awal memperlihatkan diri kepada masyarakat, mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk menjawab keresahan warga kota kendari,”pungkasnya. (Med)

Komentar