Peduli Pendidikan Muna STIKES RSU Daya Sediakan Beasiswa Duta Kampus, Prestasi dan Hafidz Qur’an

Muna, Pendidikan1454 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA – Tingginya Biaya Pendidikan menjadi pertimbangan tersendiri dalam hal melanjutkan jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi, apalagi pada disiplin ilmu kesehatan. Olehnya itu perlu adanya gagasan baru untuk mengakomodir kepentingan masyarakat dalam hal melahirkan kader-kader profesional dibidang kesehatan.

Sebab kesehatan merupakan kebutuhan primer masyarakat, yang harus menjadi perhatian yang serius. Terkait dengan hal itu, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) RSU Daya Muna melakukan beberapa terobosan untuk memudahkan mahasiswa dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi, yakni beasiswa duta kampus.

Ketua STIKES RSU Daya Saharudin Nisi mengatakan, beasiswa duta kampus merupakan bantuan subsidi dari yayasan kepada mahasiswa dengan potongan pembayaran biaya pendidikan sebesar 50 persen.

“Program beasiswa duta kampus didasari oleh bentuk kepedulian yayasan terhadap pengembangan lembaga pendidikan di Kabupaten Muna dan sekitarnya. Dengan demikian dapat menjawab keresahan bahwa kuliah di ilmu kesehatan, sehingga dengan program ini semua lapisan masyarakat bisa menempuhnya,” ungkapnya, Selasa (7/9/2021).

Pimpinan STIKES RSU Daya ini mengungkapkan, selain duta kampus institusi yang dipimpinya juga menyelenggarakan beasiswa prestasi dan hafidz al-Qur’an.

Selain itu STIKES RSU Daya merupakan institusi pendidikan yang berbasis keagamaan, untuk itu ia membuka peluang bagi mahasiswa untuk kuliah sambil ikut pesantren.

“Selain duta kampus kami juga menyediakan beasiswa prestasi. Jadi kalau ada mahasiswa yang pernah ikut porda atau kegiatan akademik lainnya silahkan melapor, kita akan fasilitasi. Selain itu kami menyediakan beasiswa bagi Hafidz al-Qur’an.

Bahkan kalau ada yang minat kuliah sambil mondok, kami fasilitasi karena didalam juga ada pondok pesantren,” lanjutnya.
Untuk diketahui bahwa STIKES RSU Daya merupakan salah satu kampus yang ternama di Makassar yang telah memiliki banyak alumni.

Namun karena satu dan lain hal, saat ini telah direlokasi di Kabupaten Muna melalui izin pindah lokasi Oleh Kementerian Nomor 8/E/O/2021 dibawa pengelolaan Yayasan Mitra Karya Persada (YAMIKAP). Saat ini sementara berproses untuk perubahan nama menjadi STIKES Karya Persada Muna.

Kampus ini beralamat di Jalan Gambas, Kelurahan Sidodadi Kecamatan Batalaiworu, Kabupaten Muna (lorong menuju SMA 3 Raha). Untuk sementara waktu institusi ini baru menyelenggarakan 3 program studi yakni, S1 Keperawatan, DIII Kebidanan dan Ners.

Kontributor : Kafarun

Komentar