Menjamin Kualitas Pertolongan dan Pencarian, Basarnas Muna Terbentuk

Metro Kota, Muna592 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna terus melakukan peningkatan kualitas pembangunan. Dalam hal meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat untuk Muna yang berdaya saing utamanya Penanganan bencana alam.

Salah satu wujud komitment Pemkab Muna yakni mewujudkan terbentuknya Badan SAR Nasional (Basarnas). Hal ini ditandai dengan berkunjungnya Kepala Badan SAR Nasional (BASARNAS) Sulawesi Tenggara Aris Sofingi, di Muna pada Rabu (11/11 2020).

Kunjungan Kepala Basarnas tersebut disambut lansung oleh Plt Bupati Muna Abdul Malik Ditu dengan didampingi oleh Asisten 1 LM Ruslan Ibu.

Pada acara tersebut ditandai dengan saling menyerahkan plakat antara BASARNAS dan Plakat Kabupaten Muna. Demikianlah yang disampaikan oleh Ali Sadikin selaku Juru bicara Pemerintah Kabupaten Muna.

Ia memaparkan, pembentukan Basarnas di Muna merujuk pada surat permohonan Bupati dengan nomor surat 300/1478/UM/VII/2019. Jadi Pemkab muna mengajukan pembentukan Basarnas di Muna itu sejak Juli 2019.

Hal ini dilakukan karena melihat sering terjadinya Bencana Alam di Sulawesi Tenggara yang terjadi akhir-akhir ini. Olehnya itu Pemda Muna punya rencana untuk membentuk Basarnas untuk agar berkontribusi dalam hal penanggulangan bencana dalam hal pencarian dan pertolongan.

“Ini bentuk Kepedulian Pemda terhadap penanggulangan bencana Daerah,” ujarnya.

Lanjut Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Muna ini, menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah telah menyiapkan lahan sebesar 10.000 M2. Sambil menunggu bangunan tetap, Pemkab Muna bersedia meminjamkan satu gedung lingkup Dinas Perikanan Kabupaten Muna.

“Sebelum permohonan pemerintah sudah menyiapkan 1 Ha untuk pembangunan gedung Basarnas. Namun sementara waktu pemerintah daerah meminjamkan salah satu gedung perikanan untuk berkantor sambil menunggu pembangunan kantor Basarnas.

“Kami sebagai pemerintah daerah Kabupaten Muna mengucapkan terimakasih kepada Basarnas Sultra atas kunjungannya ke Muna dengan agenda pembentukan Basarnas Muna. Semoga ini dapat meningkatkan kinerja Pemda dalam hal unit siaga pencarian dan pertolongan dalam mengatasi dampak bencana alamā€¯Ungkapnya.

Kotributor : Kafarun

Komentar