Masuk Kategori Cukup Peduli Terhadap HAM, Pemda Muna Raih Penghargaan dari Kemenkum HAM

Berita521 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna dibawah kepemimpinan L.M. Rusman Emba dan Abdul Malik Ditu sebagai Bupati dan wakil bupati terus mengukir prestasi. Masih pada bulan yang sama, Kabupaten Muna mendapatkan penghargaan dari Bank Indonesia (BI) Sultra Awards sebagai pengendali inflasi terbaik di Sultra.

Sekarang ini Muna Kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai daerah yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) sepanjang tahun 2020. Penghargaan itu ditanda-tangani oleh Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly.

Kemudian diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, pada acara Peringatan Hari HAM tanggal 14 Desember 2020 di Kendari. Dalam menerima Penghargaan tersebut, Pemda Kabupaten Muna diwakili oleh Asisten I Kabupaten L.M. Ruslan Ibu dan didampingi oleh Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Ali Sadikin.
Menurut L.M. Ruslan Ibu selaku Asisten 1 Pemda Muna menyampaikan terimakasih kepada Kementrian Hukum dan HAM yang telah memberikan penghargaan kepada Pemda Muna yang masuk kategori daerah yang peduli terhadap HAM.

Selanjutnya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara atas dukungannya dalam hal kepedulian atas HAM di Daerah terkhusus di Kabupaten Muna. “ Kami Pemda Muna menyampaikan terimaksih kepada Kementrian Hukum dan HAM atas penghargaan yang diberikan sebagai kategori daerah yang peduli terhadap HAM.

Selanjutnya ucapan terimakasih kepada pemerintah provinsi yang telah memberikan dukungan kepada pemda Muna sehingga mendapatkan penghargaan ini. Semoga kedepan kita tetap peduli dan menjaga HAM” ungkapnya.

Ali Sadikin selaku Kabag protokoler dan Komunikasi Pimpinan memberikan uraian tentang indikator penilaian sebagai daerah yang peduli terhadap HAM. Indikator tersebut menjadi parameter penilaian kelompok hak yakni, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, serta hak atas kependudukan.

Kemudian selanjutnya adalah hak atas pekerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Dari beberapa kriteria tersebut Muna masuk kategori cukup peduli terhadap HAM, makanya kita peroleh penghargaan,” Jelasnya.

Kontributor : Kafarun

Komentar