Mapala Unsultra Lolos PPK Ormawa Kemendikbudristek

Berita532 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI-Mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara meloloskan proposal yang diajukan Kemendikdureistek. Setelah Tim Mahasiswa Unsultra lolos proposal PKM dan P2MW, kelompok mahasiswa dari Universitas Sulawesi Tenggara juga lolos seleksi dan memperoleh pendanaan program kemahasiswaan nasional bergengsi yaitu Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2024.

Universitas Sulawesi Tenggara berhasil meloloskan 2 tim organisasi kemahasiswaan (ormawa) dan menjadi salah satu kampus penerima pendanaan PPK Ormawa terbanyak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Salah satu tim yang lolos dan mendapat pendanaan dari kemendikbudristek adalah Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA)..

Rektor Universitas Sulawesi Tenggara, Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.Sc.Agric. mengatakan “ini merupakan suatu prestasi gemilang dari Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Universitas Sulawesi Tenggara. Dengan pelaksanaan program ini, maka diharapkan mahasiswa dapat mengasah hardskill dan softskill mahasiswa dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat khususnya Sulawesi Tenggara dan bagi negri tercinta.

Mahasiswa sebagai agen perubahan perlu terus menujukkan gagasan, pemikiran dan karya-karya inovatifnya. MAPALA Unsultra dalam melakukan berbagai program kegiatan khususnya saat melakukan aktivitas lapangan ternyata dapat menemukan potensi sumber daya alam dan permasalahannya sehingga timbul ide dan gagasan kreatif untuk pengembangannya.

Organisasi kemahasiswaan kreatif dan produktif sangat didambakan oleh pemerintah dan masyarakat, ujarnya ”

Diterangkan PPK Ormawa merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang diinisiasi, direncanakan, dan dilaksanakan oleh organisasi kemahasiswaan (ormawa). Program ini terdiri dari beberapa topik. Tim MAPALA Unsultra tertarik dengan topik desa/kelurahan wisata dengan judul program “Pengembangan Desa Binaan Mapala Unsultra sebagai Trend Daerah Wisata Out Door untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sawapudo.”

Abdul Halik, ketua tim pelaksana PPK Ormawa Mapala Unsultra mengatakan “Desa Sawapudo ini memiliki objek wisata menarik, ada goa, tebing, ada juga pantai dan hutan bakau yang jaraknya tidak jauh dari gua Sawapudo. Sebenarnya tempatnya sangat indah dan menarik, tetapi wisatawan masih sangat terbatas karena kurangnya alat safety dan fasilitas penunjang kenyamanan lainnya.

Alhamdulillah, dengan lolosnya PPK Ormawa ini, kami akan mencoba menggerakkan masyarakat setempat untuk meningkatkan daya tarik masyarakat dan bisa menjadi sumber penghasilan masyarakat desa Sawapudo, kecamatan Soropia, Konawe.Tim

Dosen Pendamping, Wa Ode. Syafitri Salsabila, S.Si., M.Si. (tengah) bersama Tim PPK Ormawa MAPALA Unsultra

Dosen pendamping tim PPK Ormawa MAPALA Unsultra, Wd. Syafitri Salsabila, S.Si., M.Si. menambahkan, “kami sangat bersyukur dengan adanya PPK Ormawa dari Belmawa Kemendikbudristek. Program ini memfasilitasi kontribusi nyata mahasiswa untuk masyarakat luas dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi. Kami juga akan terus memberikan arahan kepada tim pelaksana untuk melaksanakan program ini dengan baik. Target kami tahun 2024, tim PPK Ormawa dari MAPALA Unsultra bisa mengikuti ABDIDAYA Ormawa 2024 yang akan dilaksanakan di Universitas Udayana, Denpasar, Bali”

Rektor  menitipkan pesan kepada tim pelaksana PPK Ormawa MAPALA Unsultra untuk memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat desa Sawapudo dalam membantu mengelola desa wisata goa dan tebing Sawapudo. (Redaksi)

Komentar