LM Bariun : Kolaborasi Dikbud, Biro Kesra dan BNN Seleksi Duta Granat 2024

Metro Kota532 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI– Granat Sultra melakukan kolaborasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Biro Kesra dan BNN Sultra untuk melakasnakan seleksi Duta Granat Sultra dikalangan pelajar tingkat, SMA/SMK sederajat se-Sultra, dan pelajar SMP sederajat se-Kota Kendari dan mahasiswa.

Ketua Granat Sultra Dr. LM Bariun mengatakan, dengan adanya pemilihan duta Granat ini kita akan melahirkan anak-anak bangsa yang kompeten dan kapabel dalam menemukan jati diri mereka, memperluas wawasan kebangsaan serta memberantas narkoba diwilahnya.

“Nantinya peserta yang terbaik akan dijadikan duta granat provinsi dan disiapkan menjadi duta perwakilan daerah pada ajang kompetensi nasional dan juga duta Granat ini akan menjadi penyuluh narkoba di sekolah masing-masing ,” ujar Bariun Kamis (13/6/2024).

Kata Bariun, pada prinsipnya Granat Sultra Dikbud dan Biro Kesra dan instasi lainnya ini memiliki tanggungjawab terhadap anak didik bangsa dalam memberantas narkoba, sekolah SMA dan SMK adalah wewenang dikbud Sultra untuk melakukan edukasi dan sosialisasi terkait narkoba.

Sambungnya duta granat ini yang akan melakukan sosialisasi dan mengadukasi pada masyarakat terkait peran-peran untuk melawan narkoba utamanya pada kaum remaja.

Pihaknya dalam waktu dekat akan mengadakan pertemua dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra, terkait agenda akbar seleksi Duta Granat 2024.

“Pelaksanaannya paling lambat bulan Juli 2024 ini, ada beberapa kriteria jadi calon Duta Granat Sultra diantaranya pemenang yang jadi duta granat benar-benar siap bersama Granat Sultra mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkotika, siap jadi simbol figur duta yang benar-benar steril dari penyalahgunaan narkotika.

Pengurus Granat Sultra memilih duta anti narkoba, sebagai kampanye perang terhadap barang haram tersebut, sekaligus membantu pemerintah memberantas peredaran narkotika di masyarakat.

Pemilihan duta anti narkoba ini juga sebagai wujud peran partisipasi Granat Sultra menangkal penyalahgunaan narkoba khususnya dikalangan milenial.

“Duta anti narkoba tersebut nantinya akan menjadi garda terdepan dalam kegiatan-kegiatan Granat, seperti ajakan pencegahan preventif narkoba, dengan penyuluhan-penyuluhan pada sekolah dan universitas, bahkan sampai ke pelosok-pelosok desa dan kelurahan,” jelasnya. (Med)

Komentar