LLDIKTI WIlayah IX Sultan Batara Anugrahi Penghargaan Rektor Unsultra Sebagai Tokoh Peduli Pendidikan

Pendidikan545 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultan Batara) menganugrahi penghargaan terhadap Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Prof. Dr. Ir H. Andi Bahrun, M.Sc. Agric, sebagai Tokoh Peduli Pendidikan dari Perguruan Tinggi.

Penganugrahan itu diberikan pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 yang diselenggarakan secara virtual, pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Pada peringatan ulang tahun kemerdekaan RI kali ini, Kantor LLDIKTI IX menyerahkan penghargaan kepada 12 rektor selaku tokoh peduli pendidikan dari perguruan tinggi.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof. Dr. Ir. Jasruddin, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, bangsa kita saat ini tidak hanya diuji pandemi Covid-19, namun juga diuji benih-benih pemisahan dan upaya meletakkan perbedaan daripada persamaan di antara kita.

“Oleh sebab itu, mari kita semua yang berada di dunia pendididikan menjadi pelopor utama dan menjadi garda terdepan untuk memegang teguh semangat kebangsaan kita,” katanya.

“Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah mengedepankan kebersamaan dan menghilangkan perbedaan. Tonjolkan rasa saling memaafkan dibandingkan rasa dendam dan sakit hati di diri kita masing-masing,” tegas Prof. Jasruddin.

Selain menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya X, XX, dan XXX tahun untuk PNS dan Dosen DPK di lingkungan LLDIKTI Wilayah IX yang telah menjadi agenda rutin setiap tahun, pada kesempatan kali ini Kepala LLDIKTI Wilayah IX juga menyerahkan penghargaan kepada Dosen Tetap Yayasan (Non PNS) yang telah mengabdi selama minimal 20 tahun dan 30 tahun kepada 468 orang dosen dari 52 PTS. Kepala LLDIKTI juga memberikan penghargaan kepada unsur masyarakat yang dinilai telah berkontribusi pada pengembangan dunia pendidikan tinggi, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat.

“Penghargaan ini kami berikan kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berupaya terus menerus mengembangkan perguruan tinggi di tengah pandemi, untuk mempersiapkan generasi muda kita menjadi generasi muda yang unggul, generasi emas 2045”, ujar Prof. Jasruddin.

Adapun penerima penghargaan LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara dalam rangka HUT RI ke-76, adalah sebagai berikut:

A. KELOMPOK MASYARAKAT PEDULI PENDIDIKAN
B. TOKOH PEDULI PENDIDIKAN DARI UNSUR BADAN PENYELENGGARA
C. TOKOH PEDULI PENDIDIKAN DARI UNSUR PIMPINAN PERGURUAN TINGGI
D. PENGHARGAAN KEHORMATAN UNTUK PIMPINAN PTS YANG TELAH PURNA TUGAS
Makassar, 17 Agustus 2021
Tim Humas LLDIKTI Wilayah IX

Juga diumumkan Mahasiswa Berprestasi LLDIKTI Wilayah IX Juara 1 sampai dengan no urut 6 (harapan 2). Unsultra Juara 2. Tetapi seleksi secara nasional belum selesai. Juga diumumkan nama-nama Mahasiswa Duta MBKM LLDIKTI Wilayah IX sebanyak 19 orang.

Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun, tak luput mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada kepala LLDIKTI yang telah memberikan penganugrahan ini, dan juga kepada seluruh civitas akademika Unsultra yang telah mendukung kemajuan kampus Unsultra.

“Pengahargaan ini saya persembahkan kepada seluruh civitas akademika Unsultra karna apapun yang saya capai di Unsultra tak terlepas dari kontribusi dari dosen, pegawai, staf dan mahasiswa dalam memiliki visi misi yang sama memajukan kampus Unsultra, sehingga berdaya saing dengan kampus-kampus yang lainnya, jelasnya.

Kepada mahasiswa Unsultra yang lulus seleksi mahasiswa tauladan di LLDIKTI, Yuni Permatasari, ia selaku pimpinan Universitas, memberikan apresiasi setinggi-tingginya, karena prestasi yang dipersembahkan itu, sangat membanggakan kampus unsultra.

Meskipun Yuni masih mengikuti tahap seleksi selanjutnya tingkat nasional. Kita berharap Yuni masuk finalis paling tidak menjadi yang terbaik.

Menurutnya, apa yang dicapai Yuni ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain, untuk menciptakan kreaktiftas dan inovasi dan juga dosen untuk terus membimbing mahasiswa kearah yang lebih baik untuk lebih dalam menggali potensi yang dimiliki mahasiswa.

Yuni Permata Sari salah satu mahasiswa tauladan Unsultra menyebutkan, perjalanan karier prestasi yang perna diraih, sebagai indikator bisa lulus seleksi mahasiswa berprestasi di LLDIKTI Wilayah IX yakni sebagai berikut.

Prestasi Yuni Permata Sari
1. Juara 2 Lomba Hijabers Terfavorit pada tahun 2020.

2. Juara I Lomba Video Kreatif Pencegahan Dan Penanganan COVID 19 Level Mahasiswa pada tahun 2020.

3. Presented my research with the titled “Increasing Digital Business Entrepreneurship Opportunities In The New Normal Era” in the 1st international conference on Education, Management, Agribusiness, and Business Entrepreneurship ( ICEMABE) pada tahun 2020.

4. Sebagai panitia dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Di MI Mujahidin 2 Kec. Onembute Kab. Konawe Dengan Tema ’ Meningkatakan Semangat Belajar Siswa (i) Dengan Sistem Belajar Sambil Bermain “ pada tahun 2019.

5. Sebagai panitia dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Di SDN 128 Akacipong dan SDN 142 Waemputang Kec. Poleang Selatan Kab. Bombana, Dengan Tema “ Aku, Guruku dan Teknologi” pada tahun 2020.

6. terlibat dalam Pelatihan Adaptasi Perubahan Iklim Dan Pengurangan Risiko Bencana Bagi Mahasiswa Climate Change Adaptation And Disaster Risk Reduction-CCA DRR Training For University Students, Kendari 16 Juli 2019.

7. terlibat dalam pembuatan Video Kreatif P4GN Dalam Rangka Menyemarakan Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2020 Oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara.

8. terlibat dalam kegiatan kegiatan Southeast Asia Student Research Competition on Mathematics Education (SEARCHMACCA) Se-Asia Tenggara 2020 “Mathematics Innovations Of Golden Generation In A New Era Of Knowledge and Technology” Oleh HMJ Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar bekerja sama dengan South East Asia Academic Mobility (SEAAM) Pada 13 Agustus – 13 Desember 2020

9. Ketua lomba cerdas cermat sains se kota Kendari pada 30 juni-1 juli
10. Urutan kedua PILMAPRES tingkat wilayah LLDIKTI 9.

Gagasan Kreatif:
LITERASI DIGITAL PADA ANAK USIA DINI
MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0

Reporter: La Ismeid

Komentar