Lewat Virtual Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Kepada Masyarakat Muna

Metro Kota609 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Lewat Virtual diistana Negara Presiden RI Joko Widodo secara simbolis menyerahkan Sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Muna. Penyerahan sertifikat dilakukan serentak di seluruh masyarakat Indonesia. Terhitung satu juta sertifikat yang diserahkan dari 31 provinsi se Indonesia melalui telkonverensi video di Istana Negara Jakarta pada Senin (9/11/2020) termasuk salah satunya kabupaten Muna yang mendapatkan penyerahan sertifikat tersebut.

Plt Bupati Muna, Ir Abdul Malik Ditu, menyampaikan, sertifikat tanah yang diserahkan tersebut, merupakan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), yakni prosesnya atas kepemilikan tanah warga, yang sah secara hukum, dimana diawali pendataan, pengukuran bidang tanah sampai terbitnya sertifikat. Jumlah tanah yang disertifikatkan itu adalah akumulasi pendaftaran selama tahun 2020.

Ia merinci di Muna sedikitnya ada 1.826  yang disertifikatkan.

Atas nama pemerintah daerah, ia  menghaturkan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah memberikan program sertifikat gratis bagi mesyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya sertifikat tanah ini dapat mengurangi benturan dimasyarakat terkait dengan sengketa tanah,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga tak luput memberikan apresiasi kepada Badan Pertanahan Kabupaten Muna yang dengan kerja kerasnya mensukseskan program ini berjalan dengan baik.

Malik Ditu mempertegas, dari 17 kabupaten/kota di Sultra hanya 6 kabupaten yang mendapatkan Program PTSL dari pemerintah salah satunya Muna. Olehnya itu masyarakat harus menjaga itu sertifikat jangan sampai hilang, nanti kalau hilang susah lagi urusnya.

Turut hadir dalam penyerahan sertifikat  tanah tersebut adalah Kepala Pertanahan Muna Rajamuddin, S.Sos, Dandim Muna, Letkol Arm Andi Akbar, Pj Sekda, Syahruddin Nurdin dan perwakilan Kejari dan Polres Muna.

Kontributor : Kafarun

Komentar