Laksanakan Workshop Choacing Clinic, Bupati Muna Genjot Peningkatan Inovasi Daerah

Daerah298 Dilihat

Potretterkin.id, MUNA- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) melaksanakan workshop dan Coaching Clinic, dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegiatan ini dalam rangka penyusunan road map Sistem Inovasi Daerah (SIDa) yang dilaksanakan di Aula Galampano, Selasa (24/10/2023).

Saat ini Kabupaten Muna menempati urutan ke 115 pada tingkat nasional dan ke 3 untuk tingkat provinsi sebagai daerah yang berinovasi. Bupati Muna LM Rusman Emba merasa bersyukur, dengan keterbatasan anggaran yang ada bisa bersaing bahkan mengungguli daerah lain terkait dengan inovasi daerah.

Olehnya itu ia berharap kepada seluruh peserta workshop untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. “Capaian sebelumnya patut kita syukuri, menunjukan bahwa kita bisa bersaing dengan daerah-daerah lain, “ ungkapnya.

Ia juga mengucapkan apresiasi kepada LAN yang bersedia membimbing peserta terkait dengan inovasi daerah. “terimakasih kepada LAN atas kesediaanya dalam memberikan pengetahuan mengenai road map inovasi daerah,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan senator DPD RI ini menekankan agar semua OPD yang menjadi peserta workshop untuk mengikuti materi dengan sebaik-baiknya. “Kami berharap agar OPD mengikuti kegiatan ini dengan semaksimal mungkin, sehingga ilmu yang diperoleh dapat direalisasikan untuk kemajuan daerah kita” ucapnya.

Ia juga memberi optimis bahwa keterbatasan anggaran tidak menjadi hambatan untuk memajukan suatu daerah. “Meskipun anggaran itu sangat berperan dalam kemajuan daerah, namun inovasi daerah menjadi solusi untuk mencapai kemajuan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Balitbang Muna La Ode Muharman menegaskan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan LAN untuk peningkatan inovasi daerah. “melalui workshop ini kita dapat memetakan potensi-potensi yang bisa diinovasi.

Alhamdulillah LAN siap membimbing kita untuk menggali potensi-potensi itu, sehingga kedepan kita mampu melakukan terobosan untuk peningkatan inovasi daerah kita,” ungkapnya. Ia juga optimis jika kegiatan workshop berjalan maksimal, inovasi daerah akan meningkat dari capaian sebelumnya.

“Insya Allah kalau kegiatan ini kita maksimalkan, capaian kita kedepan akan meningkat dari sebelumnya. Sebab setelah pelaksanaan workshop pasti ada pengetahuan baru untuk mengelola potensi yang ada, berkaitan dengan peningkatan inovasi daerah,” pungkasnya.

Kontributor : Kafarun

Komentar