Kebakaran Hebat di Kendari, Mobil Damkar dan Water Canon Kewalahan Jinakan Api

Berita Utama463 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI – Lima buah ruko yang terletak di Kelurahan Dapudapura, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ludes dilalap si jago merah, pada Minggu (3/10/2021).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari, Junaidi mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 2.30 Wita.

“Setelah kami mendapatkan informasi, kami langsung turunkan tiga unit mobil pemadam menuju TKP,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Junaidi menyebut, api bermula dari salasatu ruko milik warga yang menjual pecah bela. Namun, kondisi ruko yang padat dengan barang jualan dan tumpukan barang lainnya membuat pemadam dilapangan kewalahan menjinakan api.

Akibatnya, api terus membesar dan menjalar kebeberapa ruko lainnya yang ada ditempat itu. Terpantau, lima unit ruko yakni Toko Simpati Jaya, Metro, Jupiter, Zion dan Sinar Kencana, tersisa puing-puing.

Sementara itu, pemadam yang ada dilokasi juga kehabisan air saat menjinakan api. Tak ada cara lain, masyarakat sekitar hanya bisa membantu tim dilapangan dengan alat seadanya sembari menunggu pemadam yang kembali mengisi air.

“Susah dipadamkan karena tumpukan barang banyak,” tambahnya.

Junaidi menambah personel dan kembali mengirim tiga unit mobil pemadan. Totalnya, ada enam buah mobil Damkar yang diterjunkan dilokasi.

Sayangnya, sampai matahari terbit dan waktu menunjukan pukul 07.00 Wita pagi, api belum bisa dipadamkan.

Hawatir, api akan terus mengganas dan kembali menjalar ditempat lain, Junaidi berkordinasi dengan jajaran kepolisian untuk membantu proses pemadaman.

“Sekitar pukul 08.10 Wita, mobil Water Canon Satbrimob Polda Sultra diturunkan menuju TKP,” paparnya.

Saat ini, api telah dipadamkan berkat kerja sama Damkar Kendari, warga dilokasi dan jajaran kepolisian.

Kendati demikian, akibat kejadian itu, total kerugian pemilik ruko ditafsir sekitar 6,3 Milyar.

Penulis: Nirmala

Komentar