Jalan Trans Muna Diperkirakan Tuntas 2023, Melalui Dana APBN sebesar 70 Rp Miliar

Muna532 Dilihat

Potretterkini.id,MUNA- Pembangunan jalan trans Muna yang telah direncanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna tidak lama lagi akan terealisasi. Dimana proyek tersebut telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Muna, La Mahi, mengungkapkan jalan lingkar tersebut, akan dibangun pada tahun 2022 mendatang. Sebagai pembangunan tahap awalnya, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran sebesar 70 milyar.

“Insya Allah pembnagunannya akan dibiayai oleh APBN” ungkap La Mahi, Kamis (3/6/2021).

La Mahi menyampaikan, bahwa panjang jalan yang akan dibangun sekitar 200 km yang membentang di sepanjang jalan Kabupaten Muna melewati bibir pantai yang menghubungkan Kabupaten Muna Barat (Mubar) dan Buton Tengah (Buteng).

Proyek besar tersebut diperkirakan akan selesai pada jangka waktu dua tahun.

Lanjut ia menyampaikan, bahwa masuknya program-program nasional tidak lepas dari Peran Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae  yang berkolaborasi dengan Bupati Muna LM Rusman Emba.

Perlu diketahui katanya, Ridwan Bae yang merupakan mantan Bupati Muna dua periode merupakan figur yang banyak berkontribusi dalam hal pembangunan daerah. Dimana selain jalan trans Muna, pembangunan yang digenjot adalah jembatan Muna – Buton yang saat ini masih dalam proses lelang fisik.

Sedangkan jembatan yang menghubungkan Muna dengan Konawe Selatan (Konsel) masih dalam tahap studi kelayakan. “Jadi proyek nasional yang akan masuk di Muna ditargetkan tuntas pada tahun 2024 kedepan,” tutupnya. (Afar/Meid)

Komentar