Ini Pesan Tokoh Masyarakat Wawonii, Ciptakan Pilkada Yang Damai Tanpa Provokasi

Berita, Politik858 Dilihat

Potreterkini.id, KONKEP- Keluarga besar Masyarakat Muna Desa Waworape Kecamatan Wawonii Utara, Alfin, berharap Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Serentak 2020 tidak membuat pernyataan provokatif. Hal itu bertujuan agar suasana Pilkada berjalan damai, aman dan berkualitas.

“Calon itu jangan memanasi masyarakat jangan provokasi jangan karena ingin menang dia memberikan informasi yang menghasut dan lain sebagainya,” ujarnya kepada wartawan 23 September 2020.

Ia meminta para calon yang akan berkompetisi tidak membuat gaduh masyarakat, termasuk tidak memberikan informasi yang kemudian membakar emosi masyarakatya.

Selain calon, KPU, Bawaslu dan Penegak hukum bersama-sama memberikan pemahaman, penyuluhan kepada masyarakat agar Pilkada Serentak 2020 di Konkep berjalan dengan damai, dan berkualitas.

“Tentu kita semua berharap, Pilkada menghasilkan pemimpin yang yang berkualitas pula dan bisa dirasakan keberadaannya di masyarakat,” ujarnya.

etelah kami cermati  kandidat masing-masing memiliki gerbong massa pendukung yang cukup besar, dan pergerakan secara masif mensosialisasikan diri untuk menduduki kursi 01 di bumi Kelapa tersebut.

Sehingga pendukung tersebut dalam memuluskan pertarungan politiknya, saling adu argument saling menjatuhkan, dengan meluncurkan kata-kata yang tidak mendidik bagi masyarakat , baik itu dimedia sosial maupun media daring lainnya,” ujarnya 23 September 2020.

Untuk itu, selaku putra daerah muna yang berdomisi di Wawonii, ia mengajak kepada masyarakat mari berpolitik santun dengan tidak mencederai pribadi calon kepala daerah. “Kita ciptakan kondisi yang kondusif, damai dan tentram kita berharap Pilkada berlangsung aman dan damai,” pintahnya.

Sambungnya, demografi masyarakat wawonii tingkat partisipasi pemilih mencapai pukuhan ribu jiwa. Untuk itu kita membutuhkan pemilih yang cerdas dan profesional, sedianya pula kita menghidari politik adu domba yang dapat memecah belah kekeluargaan.

Penulis : La Ismeid

Komentar