H Tasman Kembali Nahkodai DPD APDESI Sultra, Ini Ultimatum Gubernur Kepengurusnya

Metro Kota1211 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- H Tasman Kembali menahkodai Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Tenggara (Sultra) setelah di Pilih secara aklamasi oleh Ketua DPC APDESI  Kabupaten se Sultra.

Pelantikan H Tasman dan Pengukuhan Pengurus DPD APDESI di laksanakan dini hari, Senin 3 Agustus 2020, di Aula Phinisi Claro Kendari oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) (APDESI), Suhardi Buyung, S.Sos.,MM yang di Saksikan lasnung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra  Ali Mazi- Lukman Abunawas dan Ketua DPRD Sultra Abdul Rahman Saleh.

Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutanya menyampaikan, ultimatum kepada Ketua DPD APDESI yang baru saja dilantik agar membangun Sinergitas dengan pemerintah Daerah. Selain  meningkatkan kompetensi dan Profesionalitas dalam melayani masyarakat.

Sebab, Kepala desa sangat banyak tanggung jawab dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karena itu, upayakan kepala desa itu melayani bukan dilayani.

Gubernur Sultra menekankan para  kepala desa benar-benar harus mengabdikan diri kepada rakyatnya, dalam hal mengelola pemerintahaan desa yang baik.

“Perlu diketahui bahwa kepala desa dipilih oleh rakyat sama dengan Bupati, Gubernur serta Presiden, jadi bila pemerintah desa sukses, pemda kabupaten juga sukses serta tentu gubernur juga sukses, ketika gubernur sukses, maka Negara Republik Indonesia juga sukses,” terang Ali Mazi.

Selain itu, Ali Mazi berharap kepada seluruh kepala desa di Sulawesi tenggara, agar dalam menjalankan amanah rakyat dan tata kelola pemerintahan desa, baik dalam mengelolaan anggaran Alokasi Dana Desa, Dana Desa, Bansos, Bantuan Rumah layak huni agar melaksanakan amanah itu sesuai dengan undang-undang

“Begitu pula dalam berdemokrasi, selalu menyampaikan dengan cara musyawarah demi mengsukseskan demokrasi di indonesia. Mari kita bersama-sama bekerja untuk membangun sulawesi tenggara yang lebih baik dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Suhardi Buyung, S.Sos.,MM mengawali sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra serta Ketua DPRD Sultra, Polda dan Danrem yang meluangkan waktu untuk hadir dalam pelantikan Pengurus DPD APDESI Sultra.

“Pengurus APDESI Sultra merupakan perpanjangan APDESI Pusat. Maka kita harus siap melaksanakan dan membesarkan Apdesi ini di sulawesi tenggara. Kepada pengurus DPD Apdesi Sultra yang baru saja dilantik masa bakti 2020-2025 agar melaksanakan amanah ini dengan baik, dan menjadi percontohan apdesi se Indonesia,” Imbau, Suhardi Buhung dalam sambutannya.

Lanjut Suhardi, mengharapkan agar Ketua DPD APDESI Sultra beserta pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten se-Sultra selalu bersinergi dengan gubernur, menurutnya gubernur adalah pembina dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia.

“Gubernur itu pembina dan orang tua kita. Jadi kita ini anaknya, maka anak harus selalu mendengar perintah orang tua, bila anak melawan berarti itu anak durhaka kepada orang tua,” tukasnya.

Hal senada dikatakan, Ketua DPD APDESI Sultra, H Tasman yang baru saja dilantik dalam kesempatan itu menyampaikan, rasa bangga atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk memegang amanah Apdesi Sultra saat ini.

“Terima kasih karena saya diberikan kepercayaan untuk memimpin DPD APDESI Sultra. Sekarang APDESI ini tanggung jawabnya besar sekali serta saya diberi amanah ini untuk memimpin sebagai ketua DPD APDESI Sultra masa bakti 2020-2025, ini bukan berarti saya yang terbaik dari yang lain, tetapi saya hanya diberi kepercayaan untuk mengemban amanahsebaik baiknya,”paparnya.

Lebih lanjut, H Tasman memaparkan, bahwa menjalankan roda pemerintah desa merupakan amanah langsung diberikan kepada masyarakat sekitar.

“Kami tekankan APDESI Sultra tidak kemana-mana, tetapi ada dimana-mana. Selaku Ketua Apdesi, siap menerima kritakan dan masukan dengan harapan terwujudnya sulawesi tenggara yang aman, maju sejahtera dan bermartabat,” pungkasnya.

Reporter: La Ismeid

Komentar