FKIP Unsultra: SDN 6 Kendari Borong Juara Lomba Cerdas Cermat Sains Kota Kendari

Berita Utama1418 Dilihat

Potretterkini.id KENDARI- Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) sukses selenggarakan Cerdas Cermat Sains se Kota Kendari tingkat pelajar sekolah dasar.

Ajang lomba tersebut, kelar sebagai juara 1,2 dan 3 berhasil diborong oleh SDN 6 Kendari. Juara 1 diraih regu A yakni, Khalisyah Ghaisani Tambera, Mutiara Adria Hannas, dan Naifa Zhafirah Juliani Adius. Juara 2 diperoleh Regu C yaitu Muhammad Yudha Ardinsyah Putra, Shabira Khairy Alzena dan Alya Ramadani.

Kemudian Juara 3 juga diraih regu B yakni Aliza Ratu Rayzel Naysa, Rafiqah Rusli dan Gisille Avrillia Luther.

Sementara harapan 1 diraih MI Pesri Kendari yaitu Ittaqy Kayla Tahzani, Abdiansyah R Idris dan Afya Rezky Maulidina. Harapan 2 jatuh pada SDS Kindom Academi , yaitu Alexander Piere Santosa,
Noela Lan Tjandra dan Grace Agnes Chandra.
Acara tersebut digelar di Aula WTC Unsultra selama beberapa hari.

Selaku Ketua Panitia kegiatan Yuni Permatasari Mahasiswa PGSD FKIP unsultra mengatakan cerdas cermat antar pelajar sekolah dasar ini digenjot karena melihat kenyataan akan situasi situasi sekarang ini, ditengah masa pandemi covid-19 pembelajaran melalui daring atau belajar dari rumah.

“Maka dengan situasi ini kami dari gerakan mahasiswa PGSD bergerak untuk melakukan lomba cerdas cermat dengan tujuan mengajak peserta didik agar lebih termotivasi untuk belajar, karena situasi apapun tidak menjadi penghambat untuk meraih prestasi,” katanya.

Adanya pandemi peserta didik yang harus mengubah cara belajar mereka melalui online memberikan dampak positif dan negatif bagi peserta didik. Berlatar belakang keadaan peserta didik sekarang ini, dengan keluhan dari orang tua yang menimpah peserta didik.

Masyarakat akan mentalitas dan karakter anak semakin hari semakin menurun akibat
penyalahgunaan gadjet yang di berikan, dimana seharusnya digunakan untuk memfasilitasi mereka untuk belajar namun digunakan untuk bermain game online.

Ia menambahkan tampil sebagai dewan Juri lomba cerdas cermat sains adalah dari Dosen FKIP Unsultra dan bimbingan belajar JILC. Lomba ini berlangsung  dari tanggal 30 Juni hingga 1 Juli 2021, di Gedung WTC Unsultra.

Adapun peserta lomba diikuti oleh 7 sekolah dengan 14 team, karena mengingat masih situasi pandemi COVD 19 yang terjadi saat ini, maka sekolah tidak ingin menerima resiko yang akan menimpah peserta didik. Perlombaan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara Rektor Unsultra Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, MSc., Agric, berharap, acara ini bisa dijadikan ajang yang dapat diselenggarakan setiap tahun agar mampu mengenalkan FKIP dan kampus Unsultra kepada palajar di wilayah Kota Kendari khususnya, dan umumnya Sulawesi Tenggara.

“Saya bangga dan mengapresiasi kegiatan cerdas cermat yang baru dilaksanakan bertepatan dengan kedatangan Presiden RI Jokowi membuka Munas Kadin Indonesia ke VIII di Kendari , semoga anak pelajar yang baru saja mengikuti ivent ini kelak menjadi pemimpin masa depan anak bangsa,” harap Andi.

Perlu diketahui ivent ini bagian inovasi dan kreaktivitas mahasiswa. Ini sangat positf dan bagian dari kontribusi mahasiswa dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.

Apalagi kata dia, mencermati pembelajaran yang tidak ideal. Maka seyogianya mahasiswa kita hadir berinisiatif membuat ivent untuk memberi semangat mereka dan meningkatkan knowledg dan sofkill anak-anak didik.

Andi Bahrun bilang kegiatan cerdas cermat ini adalah wujud Implementasi kerjasama (MoU) Unsultra dengan instasi terkait yang ditanda tangani tahun lalu, yakni MoU dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemuda Olahraga (Dikmodora) Kota dan PGRI Kota dan lembaga lain.

“Hal ini bersinergi slogan kami “generasi cerdas, sultra bangkit, indonesia maju,” ujarnya. (La Ismeid)

Komentar