Entaskan Polusi Batu Bara, PT OSS Komit Bangun Jalan, Ruksamin: Segera Wujudkan

Berita665 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI– PT Obsidian Stainless Steel (OSS) bersinergi pemerintah daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut), memiliki Komitmen akan membangun jalan dalam mengentaskan Polusi Batu Bara yang berasal dari pabrik tambang tersebut, di Kecamatan Motui.

Pihak PT. OSS juga berkomitmen membangun jalan berbasis beton pada jalur Morosi Konawe sampai Tobi meita Konut yang merupakan jalur alternatif. Hal itu disepakati dalam rapat koordinasi antara Pemerintah Konut yang diwakili langsung Bupati Ruksamin bersama pimpimam PT. OSS Mr. Yin, pada Rabu, (21/4/2021).

Mr. Yin mengatakan akan segera melakukan langkah-langkah konkrit untuk mengantisipasi adanya pencemaran udara akibat debu batu bara. Serta ditinjau mendalam, menyeluruh dan dilaporkan perkembangannya setiap akhir bulan. “Masalah polusi udara akibat debu batu bara adalah tanggungjawab kami. Pihak perusahaan akan berupaya maksimal dalam menanggulanginya. Termasuk jalur alternatif dari batas Morosi Konawe sampai Tobi Meita Konut akan segera di beton. Rencananya dimulai Juli 2021 mendatang,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, penyerapan tenaga kerja asal Konut masuk dalam perhatian utama. Sistem perekrutan melalui pemerintah daerah. “Termasuk akan senantiasa berpartisipasi pada kegiatan religi di Konut. Seperti menyiapkan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha,” paparnya.

Mr. Yin menambahkan, semua langkah-langkah tersebut diputuskan dalam rangka menjawab keresahan warga khususnya yang bermukim di Kecamatan Motui mengenai limbah Debu batu bara..

Sementara itu, Bupati Konut Ruksamin berharap agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu yang bersifat provokatif, menghujat atau sejenisnya. “Kami sudah bergerak untuk menangani. Jadi masalah debu akan terus dipantau dan dikawal penanganannya. Komitmen kami, penangannya berjalan prosedural dan masyarakat terhindar dari ancaman polusi udara,” pungkasnya. (Med)

Komentar