DPRD Muna Dukung Langkah Pemda Adakan Armada Damkar di Tongkuno 

Muna950 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA-Peristiwa kebakaran yang melanda pasar Wakuru, Kecamatan Tongkuno pada (Selasa 5 Oktober 2021) adalah musibah bagi masyarakat Muna terutama yang berada sekitar lokasi. Hal ini kemudian menjadi keprihatinan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna.

Wujud dari respon atas keprihatinan tersebut, Pemda Kabupaten Muna turun langsung meninjau lokasi kebakaran. Kunjungan dipimpin oleh Wakil Bupati Muna Bachrun Labuta didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muna Muhammad Natsir Ido.

Sejumlah OPD turut mendampingi seperti Bappeda, Dinas Perindag, Dinas Sosial, Dinas PUPR, BNPB dan Satpol PP pada Rabu (6/10/2021).

Bahrun Labuta menyampaikan motivasi dan harapan kepada masyarakat yang terdampak musibah kebakaran.

Untuk itu Pemda Kabupaten Muna akan mengambil langkah yang solutif, dengan rencana membangun kembali kios-kios pedagang yang terbakar.

“Kios-kios yang terbakar Insya Allah akan di tata ulang dan dibangun kembali,” ungkapnya.

Muhammad Natsir Ido selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muna menerangkan bahwa pihaknya akan selalu mendukung langkah yang dilakukan Pemda dalam hal perbaikan dan penataan kembali Pasar.

“Dalam rangka pemulihan kembali pasar yang terbakar, kami akan terus mendukung langkah yang diambil oleh Pemda Muna” terangnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Muna ini memandang bahwa Pasar Wakuru merupakan sumber mata pencaharian pedagang sekitar itu.

“Mengingat pasar ini merupakan mata pencaharian pedagang, kami berharap agar dibangun secepatnya” tutupnya.

Masyarakat yang kena dampak merasa lega dengan respon Pemda Kabupaten Muna yang tanggap terhadap musibah tersebut. Namun demikian mereka menyampaikan beberapa permintaan dalam hal penanggulangan bencana kebakaran.

Jamudin selaku kepala UPTD Pasar Wakuru menyampaikan, para pedagang berharap agar Pemda Muna menyiapkan Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kecamatan Tongkuno.

“Permintaan masyarakat agar Pemda Muna menyiapkan Damkar di Kecamatan Tongkuno. Sebab jika terjadi sesuatu hal terkait dengan kebakaran tidak mengharap lagi armada Damkar dari Raha yang jaraknya sangat jauh” ucapnya.

Dari musibah tersebut kerugian daerah ditaksir sebesar Rp5 M dengan 80 kios yang terbakar.

Kontributor : Kafarun

Komentar