Dosen Pembimbing Lakukan EValuasi Pelaksanaan KKN Tematik UHO di SMAN 4 Kendari

Pendidikan980 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- Pandemi COVID-19 yang menghantam dunia tak dipungkiri membawa pengaruh yang signifikan terhadap berbagai sektor kehidupan manusia dalam beraktifitas terutama sektor bidang pendidikan yang mengharuskan pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara daring.

Untuk itu, menimalisir keadaan new normal seperti sedia kala, tentu pemerintah dalam lingkup pendidikan dapat berkolaborasi, saling bersinergi melahirkan solusi, dan langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Salah satunya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten/kota beserta perguruan tinggi, hadir berkontribusi melakukan pendampingan kepada guru dan siswa agar pembelajaran tatap muka disekolah lebih efektif dilaksanakan tengah pandemi covid 19.

Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik yang dilakukan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP UHO, berjumlah 15 orang dari Jurusan Sejarah dan Bahasa Ingris ini, mengangkat Tema” SOP Persiapan Pembelajaran Luring di SMAN 4 Kendari” ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan Covid 19 tersebut.

Pembimbing berdiskusi dengan peserta KKN Tematik UHO di SMAN 4 Kendari

Hari ini, Kamis 26 Agustus 2021 selaku dosen pembimbing kami turun lansung melakukan evaluasi pelaksanan KKN tematik mahasiswa di SMAN Kendari. Hal diungkapkan salah satu Dosen Pembimbing KKN Tematik UHO, Dr H. Mursidin T. M.Pd.

Ia katakan, KKN tematik tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, kita diperhadapkan dengan situasi pandemi Covid 19, namun demikian KKN tematik, dilakukan di sekolah, ada harapan kita pembelajaran dilakukan secara tatap muka kedepannya setelah mendapat izin dari Dikbud Sultra.

Dikatakanya, KKN tematik berlansung selama 45 hari, dengan berbagai bentuk kegiatan mahasiswa yang dilakukan yaitu dapat membantu kepala sekolah dan guru untuk merumuskan metode pembelajaran dan menyiapkan sarana pendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka nantinya.

Misalnya saja kegiatan mahasiswa yang mereka sedang lakukan disekolah adalah seperti mendampigi guru proses vaksinasi terhadap siswa, kemudian menyediakan Handsanitizer, setiap tempat ruangan-ruang belajar.

“Harapan kita ada bekal bagi guru-guru disekolah, ketika Dinas Dikbud Sultra sudah membolehkan pembelajaran luring di sekolah, ketika ada izin dari Dikbud, maka pihak sekolah sudah siap segala sesuatunya, baik proses metode pembelajaran maupun penerapan protokol kesehatan,”terangnya.

Perlu diketahui dosen pembimbing KKN Tematik UHO menjadi Kordinator Dr. H.Jamiludin, M.Hum selaku Dekan FKIP UHO, Dr. H. Mursidin T., M.Pd, Drs. La Batia, M.Hum, Dr. Hj. Darnawati, S. Pd. M.Pd, Anugrah Puspita Ayu M., S.Pd. M.Pd, dan Waode Ade Sarasmita Uke, S.Pd. M.Pd.

Sementara Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum SMAN 4 Kendari Samlia, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa mahasiswa KKN banyak membantu pada pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2021.

Hal itu terutama dalam hal penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) masa Pandemi Covid 19.“Keterlibatan mahasiswa UHO dalam upacara HUT Kemerdekaan RI, yakni memastikan pelaksanaan Prokes Covid 19 bagi siswa dan guru saat pelaksanaan upacara secara ofline.

Dengan menyelenggarakan kepatuhan prokes saat masuk pintu gerbang, di lapangan serta mengarahkan siswa untuk langsung pulang saat selesai upacara,”

Selain Lanjutnya, pelaksanaan prokes mahasiswa KKN UHO juga dilibatkan pada pelaksanaan vaksinasi remaja yang akan di gelar di SMAN 4 Kendari. “Keterlibatan Mahasiiswa dalam pelaksanaan vaksinasi sangat kami harapkan. Keberadaan mereka selain memastikan pelaksanaan prokes, juga sebagai pengelola data dalam pelaksanaan vaksinasi.

Pekerjaan mereka meliputi tahap registrasi awal, siapa yang sudah siap di vaksin dan yang belum divaksin” terang Samlia. Selain itu menurutnya keterlibatan mahasiswa KKN UHO sangat dilibatkan dalam hal persiapan pembelajaran tatap muka.

“Keterlibatan mahasiswa KKN UHO dalam hal penyediaan Handsanitizer di ruangan, dan poster-poster tentang prokes Covid 19,” pungkasnya.

Pewarta: La Ismeid

Komentar