Daerah Terpinggirkan Kurang Tersentuh Pembangunan Pemerintah, Lembaga Mahasiswa Unsultra Lakukan Desa Binaan di Kelurahan Baruga

Pendidikan329 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) semakin gencar melakukan suatu upaya untuk meningkatkan literasi di masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya wawasan dan meningkatkan keilmuan bagi civitas akademika, dan bisa diwariskan kepada masyarakat.

Beberapa hari yang lalu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsultra, mengadakan kegiatan literasi Ramadhan yang dilaksanakan di Kelurahan Baruga. Melihat hal tersebut Rektor Unsultra, Prof Dr. Ir. H Andi Bahrun, MSc., Agric, memberikan apresiasi dan suport kepada lembaga kemahasiswaan.

“Saya sebagai rektor Unsultra sangat mengapresiasi kegiatan Literasi Ramadhan yang diselenggarakan oleh BEM yang Alhamdulillah baru saja terlaksana. Kebetulan Kelurahan Baruga ini dekat dengan kampus, sehingga mudah untuk dijangkau. Selain itu kelurahan Baruga ini sangat membutuhkan perhatian, sentuhan dan kepedulian dari berbagai pihak,” ungkap Andi Bahrun, Kamis (6/5/2021).

Andi menuturkan, kondisi Kelurahan Baruga merupakan temuan awal saat Pelaksanan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa. Saat ini kemudian menjadi desa/kelurahan binaan lembaga kemahasiswaan Unsultra.

“Temuan awal sebenarnya saat pelaksanaan KKN, saat ini kebetulan bertepatan dengan bulan Ramadhan kami adakan kegiatan disana. Jadi kedepan ini menjadi desa atau kelurahan binaan bagi lembaga kemahasiswaan, untuk pengembangan keilmuan serta pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa akan dibuatkan legalitas berupa perjanjian antara lembaga kemahasiswaan UNSULTRA dengan pihak terkait sebagai desa/kelurahan binaan.

“Untuk melegalkan ini maka harus melakukan MoU antara lembaga kahasiswaan dan pihak terkait sebagai desa binaan. Namun bisa juga dilakukan dalam bentuk kegiatan dosen untuk pengembangan program studi dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” sambungnya.

Ia berharap agar kedepan kelurahan binaan itu bisa berkembang dan bisa merubah wajah kelurahan baruga. Perkembangan tersebut dalam hal pemahaman agama (religius), serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kita ingin kelurahan binaan ini kedepanya bisa berkembang dan merubah wajah Kelurahan Baruga itu sendiri. Perkembangan tersebut dalam bentuk peningkatan SDM utamanya pada sisi religius, kemudian pada peningkatan kesejahteraan masyarakat” paparnya.

Bagi mahasiswa ia berharap kelurahan binaan ini menjadi laboratorium dalam hal pengembangan keilmuan. Kelurahan binaan ini akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa dalam menemukan segala permasalahan sekaligus tempat praktek.

“Selain itu bisa juga menjadi bahan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu saya berharap kepada pimpinan fakultas untuk menduku kegiatan ini agar kedepan tetap berlanjut,” jelasnya.

Ketua BEM Unsultra Adi Maliano mengatakan, daerah binaan tersebut, meski berada dalam kota tetapi bisa dikategorikan daerah yang terpinggirkan. Karna warga disitu, banyak pekerja seorang buruh belum lagi masalah ekonomi yang timbul lain.

“Sehingga kami sebagai mahasiswa hadir untuk mentranfer ilmu pengetahuan kami yang didapat dikampus kepada mereka. Nah bertepatan dengan bulan suci ramadhan kami turun melakukan literasi kemasyarakat dalam beragam kegiatan,” katanya .

Kata dia, Literasi ramadhan yang terlibat ada 6 Fakultas yaitu Fakultas Teknik, fokus pembersihan drainase pemukiman penyemprotan disinfektan.

Fakultas FKIP memperkuat karakter usia dini dan remaja melalui pendekatan kompetensi lomba azan ceramah dan penghafalan surat-surat pendek. Fakultas Pertanian literasi kosumsi pangam yang tepat diera pandemi terhadap anak usia dini TK, SMP, dan SLTA.

Fakultas Hukum sosialisasi tentang pentingnya pada usia dini remaja dalam pengenalan literasi dan lingkungan disaat pandemi Covid 19. Fakultas Sospol fokus pada kegiatan berbagi berkah dan alat prokes covid 19 (handsanitizer dan masker).

Fakultas Ekonomi dapat membentuk karrkater dan menanamkan jiwa wirausaha muda sejak usia dini.

Perlu diketahui kegiatan literasi ramadhan keberagaman dan kebhinekaan kelembagaan kemahasiswa Unsultra berlansung sejak 3-6 Mei 2021. (Redaksi)

Komentar