Berdirinya PKPM Bakal Jadi Corong PeLayanan Kesehatan di Muna 

Berita971 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit (RS) ada tiga elemen yang berperan penting yakni pasien, petugas kesehatan dan sarana dan prasarana. Belum teredukasinya pasien akan menimbulkan stigma atau masalah baru dalam hal pelayanan kesehatan.

Misalkan saja dalam hal penentuan jam besuk oleh pihak Rumah sakit, jika pasien atau kelarga pasien belum teredukasi terkait dengan hal itu akan menimbulkan masalah baru bagi pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Berikutnya adalah belum dijadikannya pasien sebagai pusat pelayanan oleh petugas kesehatan. Cara pandang petugas kesehatan terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan hanya sebatas korban bukan sebagai mitra. Faktor lain adalah masih kurangnya sebaran petugas/ tenaga kesehatan di lembaga layanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas.

Mungkin saja di Kota keberadaan tenaga/petugas kesehatan itu memadai, tetapi di pelosok desa tidak memadai. Akhirnya yang terjadi adalah petugas/tenaga kesehatan tindak menjalankan tugas sesuai tupoksinya. Hal ini disampaikan oleh Pemateri La Ode Hidayat, S.Si., M.ARS

Pada acara kuliah Umum tentang peningkatan Mutu Layanan kesehatan di politeknik karya persada muna (PKPM) pada hari Senin, (9//112020).

Intelektual Muda Muna ini memberikan apresiasi kepada Yayasan Mitra Karya Persada yang telah menggagas berdirinya PKPM. Berdirinya kampus ini Ia yakin kedepan akan menjawab kebutuhan masyarakat Muna dan sekitarnya.

“Jurusan yang dibuka di PKPM ini cukup langka dan bergengsi untuk ukuran Sulawesi tenggara. Yakni promosi Kesehatan (Promkes), Administrasi Layanan Kesehatan dan Administrasi rumah sakit. Secara pribadi saya memberi apresiasi atas berdirinya PKPM ini. Semoga kedepan dapat menjawab kebutuhan serta menjadi corong perubahan bagi masyarakat Muna dan sekitarnya, bahkan Sulawesi tenggara pada umumnya” ungkap Hidayat.

Kandidat doktoral Universitas Hasanuddin (Unhas) ini mengimbau kepada mahasiswa dan agar senantiasa menjaga kualitas. Agar kedepan menjadi ujung tombak dalam mengedukasi masyarakat terkait dengan layanan kesehatan.

Ia menyampaikan, bahwa jika PKPM Muna telah mendapat kepercayaan public, maka kedepan akan menjadi corong dalam menggapai perubahan dan kebangkitan Muna kedepan. Selain itu masyarakat kabupaten lain yang ada di sekitar Muna akan berbondong-bondong untuk datang di Muna untuk mengenyam pendidikan.

“Sebagai masukan dari saya agar PKPM Muna senantiasa menjaga kualitas baik mahasiswa maupun pengelola. Sehingga kedepan menjadi ujung tombak terhadap edukasi masyarakat terkait dengan layanan kesehatan.

Dengan demikian jika kualitas dan sumber daya kita sudah memadai, maka masyarakat sekitar Muna seperti Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Utara aga tidak ragu-ragu mengenyam pendidikan di PKPM di Muna,” tegasnya.

Kontributor : Kafarun

Komentar