Batalkan Pembelajaran Tatap Muka, Masyarakat Muna Diimbau Tetap Sabar Demi Kemaslahatan Bersama

Muna, Pendidikan467 Dilihat

Potretterkini.id, MUNA- Pemerintah pusat sudah mengeluarkan ultimatum terhadap satuan pendidikan dalam hal proses pembelajaran disekolah, hal ini lantaran makin tingginya terpapar korona. Hingga pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Muna tidak menyelenggarakan pembelajaran tatap muka di semua jenjang pendidikan mulai dari TK, SD dan SMP.

Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari himbauan gubernur Sulawesi Tenggara dan instruksi kemendagri. Kondisi tersebut dlilaksanakan karena Sulawesi Tenggara masi termasuk zona tidak aman dari pandemic Covid 19, sehingga tetap meningkatkan kewaspadaan.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Muna juga mengeluarkan surat edaran bupati muna nomor : 420/017/2021 tenntang penundaan pembelajaran Tatap Muka pada tahun ajaran 2020/2021.

Hal disampaikan oleh Ashar Dulu selaku kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten Muna di sela rapat OPD bersama Bupati Muna (13/01/2021).

Lanjut Ashar Dulu menyampaikan, bahwa pihaknya sudah merencanakan pembelajaran tatap muka pada semester ini. Namun karena itu sudah perintah dari tingkat atas yakni pemerintah provinsi, maka harus dipatuhi.

Apalagi dalam sebuah media gubernur mempertegas bahwa akan memberikan teguran keras bagi daerah yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Olehnya itu, Pemda Muna melalui Dinas pendidikan kembali menyelenggarakan pembelajaran Daring bagi peserta didik, sebagaimana yang dilakukan selama ini.

“Sebenarnya kami sudah rencanakan kemarin untuk pembelajaran tatap muka pada semester ini. Namun karena itu sudah periintah dari atas, maka kita harus patuh serta tetap melakukan pembelajaran daring,” terangnya.

Beribicara evektivitas Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Muna ini menyampaikan, bahwa untuk ukuran Kabupaten Muna masih kurang efektif. Sebab masih banyak daerah yang ada di Muna yang terpencil serta suah jaringan komunikasi.

Namun bahaya penyebaran pandemic covid 19 merupakan hal yang utama untuk kita perhatikan demi generasi yang akan datang. Olehnya itu dirinya mengajak kepada masyarakat untuk tetap bersabar dalam menghadapi kondisi ini.

“Berbicara efektiiitas, sebenarnya untuk ukuran Muna lebih baik untuk pembelajaran tatap Muka. Namun pemerintah juga mempertimbangkan sisi kemaslahatan untuk generasi kedepan. Untuk itu kita mesti selalu bersabar dan berdoa semoga pendemic Covid 19 ini akan segera berakhir,” Jelas Ashar Dulu.

Kontributor : Kafarun

Komentar