51 Praja IPDN Sultra, Selesaikan Pendidikan Akhir, Kembali Magang di Daerahnya

Metro Kota496 Dilihat

Potretterkini.id, KENDARI- Tengah Pandemi COVID-19, sebanyak 51 Praja Utama pendaftar sekolah Institut Pemerinthan Dalam Negeri (IPDN) asal Sulawesi Tenggara (Sultra), menyelesaikan pendidikan akhirnya untuk kembali magang di daerahnya. Pada Senin 4 januari 2021, bertempat di ruang pola Kantor Gubernur Sultra dilaksanakan penerimaan secara langsung praja utama IPDN yang akan melakukan kegiatan magang dan penelitian di wilayahnya tersebut.

Penerimaan praja oleh bapak Rektor IPDN yang diwakili oleh pejabat Fungsional Dosen bapak Dr. Haikal Ali, SE, MTP dan diterima oleh gubernur yang diwakili oleh asisten I Sekda provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Basiran, M.Si dan disaksikan oleh ke 51 praja utama serta hadirin yang ada pada kesempatan kali itu.

Praja utama asal pendaftaran sulawesi tenggara tersebut yang terdiri dari 31 putra dan 20 putri merupakan praja tingkat akhir yang akan menyelesaikan pendidikannya dalam waktu dekat, mereka akan dikembalikan kedaerahnya untuk melaksanakan magang dan penelitian dilingkup pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Magang dan penelitian yang akan dilaksanakan dimulai dari tanggal 4 januari 2021 hingga 2 februari 2021 kurang lebih hampir sebulan lamanya. Magang dan Penelitian tersebut dimaksudkan guna menunjang pembuatan laporan akhir mereka selama menempuh pendidikan kurang lebih 4 tahun sebagai syarat kelulusan bagi praja utama IPDN dan tempat mereka untuk menimba pengalaman lapangan yang nantinya akan bekerja di wilayah masing-masing sebagai kader pemimpin dimasa yang akan datang.

Dr. Basiran, M.si selaku asisten I sekda provinsi Sulawesi Tenggara dalam sambutannya beliau menyampaikan, “ praja harus fokus pada magang dan penelitian ini serta tidak mencampuri urusan yang berbau politik apalagi terlibat dalam penyebaran hoax, jangan melanggar ikuti aturan dan laksanakan kegiatan ini dengan baik “.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dosen IPDN Dr. Haikal Ali, S.E., M.TP selaku perwakilan yang akan melaksanakan monitoring kegiatan praja tersebut. “manfaatkan waktu dan kesempatan yang tersedia selama kegiatan magang dan penelitian dengan baik,efektif dan efisien untuk menimba pengalaman lapangan, tak lupa untuk praja agar selalu menjaga kesehatan dan performa yang baik ditengah pandemi ini ” tuturnya

“Beliau berharap kepada praja, semoga kegiatan magang dan penelitian ini dapat membawa dampak positif bagi penyelenggaraan pemerintahan dimasa mendatang,” katanya.

Sebelum ke 51 praja utama ini kembali ke daerah masing-masing guna melaksanakan magang dan penelitian, atas petunjuk dosen dilaksanakan kerja bhakti di sekitaran Masjid Al-Alam Kendarin dengan tujuan agar kemegahan masjid yang menjadi icon kebanggaan masyarakat Sultra khususnya Kota Kendari tetap terjaga dari kebersihan dan keindahannya.

Lanjutnya, dalam pengarahannya sebelum kerja bhakti dimulai, dosen IPDN Dr. Haikal Ali mengingatkan kepada para praja pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama lokasi-lokasi yang menjadi daya tarik wilayah tersebut karena nantinya mereka akan menjadi pemimpin masa depan yang akan memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat olehnya itu dituntut untuk dapat menjadi percontohan melalui kegiatan-kegiatan positif seperti ini. (*/Redaksi)

Komentar